CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Amonia pada Kandang Ayam Broiler

Tanggal :15/10/2022 09.22.00 Penulis : Creative Team


Ammonia merupakan salah satu senyawa dengan rumus NH3. Bentuk umum dari ammonia biasanya dalam bentuk gas yang dapat merusak kesehatan. Kontak langsung dengan gas ammonia berkonsentrasi tinggi dapat merusak paru-paru bahkan menyebabkan kematian. Tidak hanya berdampak pada manusia, bahaya konsentrasi ammonia yang tinggi juga berdampak pada hewan ternak. Pada usaha ternak ayam broiler dengan kandang sistem close house kadar ammonia yang melebihi 20 ppm dapat menyebabkan iritasi pada mukosa membran mata dan saluran pernapasan ayam. 


            Kadar ammonia yang tinggi menyebabkan kandang ayam berbau menyengat. Ammonia bersumber dari kotoran ayam yang jatuh dan bercampur dengan litter kandang. Satu ekor ayam broiler rata-rata setiap harinya bisa mengeluarkan kotoran sebanyak 0,15 kg. Tingginya kelembapan dan suhu yang relatif rendah akan membuat urea yang mengandung nitrogen terurai dan salah satu hasil uraiannya yaitu ammonia.


Saluran pernapasan ayam yang terganggu akibat tingginya kadar ammonia sangat berbahaya bagi pertumbuhan ayam. Selain itu munculnya berbagai penyakit akibat lingkungan kandang yang tidak nyaman juga menurunkan keuntungan para peternak ketika panen. Jumlah ayam yang terkena stres juga meningkat seiring tingginya kadar ammonia dalam kandang.


            Ammonia menjadi permasalahan umum para peternak hingga sekarang. Jika letak kandang berdekatan dengan pemukiman warga, maka meminimalisir kadar ammonia sangat wajib dilakukan para peternak agar tidak timbul permasalahan sosial dengan warga sekitar. Peternak dapat meminimalisir tingginya kadar ammonia dengan memperhatikan lancar tidaknya sirkulasi udara dalam kandang, memperhitungkan populasi ayam dalam kandang secara tepat, dan melakukan penggantian litter secara rutin jika sudah sangat lembab.


            Kondisi litter yang lembab selain disebabkan oleh kotoran ayam dapat juga disebabkan oleh tumpahan air dari tempat minum ayam yang tidak masuk secara sempurna ke paruh ayam. PT Mitra Alat Ternak menjual tempat minum ayam dengan produk unggulan ZIGGITY WATERING SYSTEM yang memiliki formula terbaik untuk meningkatkan performa ayam.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot