CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Apa Itu Force Molting?

Tanggal :28/10/2022 13.05.00 Penulis : Creative Team


        Force molting merupakan program perontokkan bulu yang dilakukan secara paksa pada ayam layer (petelur). Tujuan dari program force molting ini yaitu agar ayam layer awet muda dimana hal ini berpengaruh terhadap produksi telur yang dihasilkan. Force molting dilakukan karena proses molting yang dialami ayam layer tidak teratur dan berkepanjangan dimana hal tersebut menyebabkan kerugian bagi peternak. Molting pada ayam layer memiliki manfaat yaitu meningkatkan kualitas telur dari segi berat, ukuran, dan warna kuning telur yang dihasilkan. Selain meningkatkan kualitas telur, molting juga meningkatkan kuantitas telur yang dihasilkan oleh ayam layer atau yang sering disebut dengan hen day production.


Melihat manfaat yang dihasilkan dari molting hal ini menjadi pemicu penelitian untuk mencari cara yang dapat memaksimalkan keuntungan peternak yaitu dengan melakukan program force molting. Program force molting ini berfokus untuk mempersingkat durasi ayam layer dalam satu periode molting agar produksi telur yang dihasilkan dapat maksimal. Penerapan force molting ini dapat dilakukan dengan cara memberikan rangsangan buatan terhadap ayam layer yang sudah tua sehingga ayam terpaksa mengalami molting. Program force molting ini dilakukan dengan cara memberikan masa istirahat terlebih dahulu bagi ayam layer yang sudah tua setelah mengalami masa puncak produksi kemudian ayam layer yang sudah tua tersebut dapat meneruskan produksi telur pada siklus berikutnya.


Metode pelaksanaan force molting dapat dilakukan dengan cara membatasi air minum dan pakan yang diberikan. Pembatasan air minum pada program force molting bertujuan agar ayam layer mengalami stress. Pembatasan air minum dilakukan pada hari pertama dan kedua kemudian pada hari selanjutnya pemberian air sudah tidak dibatasi. Tetapi pembatasan air minum ini dapat berdampak kematian pada ayam layer terlebih lagi jika dilakukan pada musim kemarau karena ayam bisa mengalami dehidrasi. Tempat minum yang digunakan ayam layer dengan sistem kandang baterai berbeda dengan tempat minum ayam broiler dengan sistem kandang close house. Mitra Alat Ternak selain menjual tempat minum ayam broiler kami juga menyediakan nipple A9 yang diperuntukkan bagi ayam layer (petelur).  


Pembatasan pakan dilakukan selama beberapa hari dan jenis pakan yang diberikan yaitu dalam bentuk biji-bijian. Pemberian jenis pakan biji-bijian sangat disarankan agar hasil dari program force molting dapat sempurna. Pembatasan pakan lebih aman dilakukan daripada pembatasan air minum. Force molting biasanya dilakukan pada bulan ke-12 sampai 14 masa produksi. Tetapi dalam pelaksanaannya program force molting juga mempertimbangkan harga telur di pasaran.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot