AYAM DONG TAO, "KAKI GAJAH" DARI VIETNAM

Tanggal :11/05/2023 00.00.00 Penulis : Creative Team


Ayam Dong Tao merupakan salah satu ayam yang berasal dari Vietnam. Pemilihan nama Dong Tao dikarenakan ayam ini berasal dari Desa Dong Tao yang terletak di Distrik Khoai Chau dekat dengan ibukota Vietnam, Hanoi. Ayam Dong Tao memiliki keunikan yang khas pada kakinya yang sering disebut kaki naga atau kaki gajah. Ayam ini dulunya sering dijadikan simbol ataupun bagian dari ritual adat istiadat dan acara-acara besar masyarakat Vietnam. Sebelumnya ayam Dong Tao ini hanya dikembangbiakkan untuk konsumsi keluarga kerajaan saja. Saat ini sudah terdapat beberapa restoran yang menyediakan ayam Dong Tao menjadi menu andalannya. Dagingnya yang enak ditambah dengan keunikannya membuat harga dari ayam Dong Tao ini tergolong sangat mahal. Harga anakan ayam Dong Tao saja sudah mencapai harga 1 juta rupiah sedangkan untuk harga ayam Dong Tao dewasa mencapai 16 juta. Hal tersebut tidak terlalu mengejutkan dikarenakan ayam Dong Tao juga termasuk hewan paling langka di dunia. Rendah tingginya harga ayam Dong Tao tergantung dari tingkat ketebalan cakar atau kakinya.


Bobot ayam Dong Tao bisa mencapai hingga 6 kg dengan kakinya yang setebal pergelangan tangan manusia dan ditutupi sisik kemerahan. Kakinya yang unik banyak diburu untuk dijadikan makanan khas saat Tahun Baru Imlek di Vietnam. Berat kaki ayam Dong Tao bisa mencapai hingga 1 kg. Ayam Dong Tao dewasa berumur sekitar 8 bulan sedangkan untuk ayam biasa dapat dikatakan dewasa saat mencapai 16 sampai 24 minggu. Pertumbuhan bulu ayam Dong Tao membutuhkan waktu untuk tumbuh lebat. Bulu ini sangat bermanfaat karena ayam Dong Tao termasuk ayam yang sensitif terhadap perubahan cuaca. Telur yang dihasilkan dalam setahun hanya sekitar 60 butir. Ayam Dong Tao bertelur mulai dari umur 2 atau 3 minggu.


Ayam ini dapat dibesarkan dengan cara diumbar di lingkungan bebas sampai umur 1,5 tahun dengan memakan dedak alami. Ayam Dong Tao termasuk sulit untuk dikembangbiakkan. Ditemukan juga beberapa kasus kematian ayam Dong Tao yang disebabkan kurangnya nutrisi. Menurut para peternak ayam Dong Tao, pakan yang diberikan harus seperti pakan ayam pada umumnya hanya berbeda dari campuran vitamin dan nutrisinya. Peralatan untuk beternak ayam Dong Tao bisa didapatkan di supplier peralatan ternak ayam yang menjual beragam pilihan produk peralatan ternak. Ternak ayam Dong Tao merupakan bisnis usaha yang menjanjikan keuntungan besar jika peternak mengetahui cara beternak ayam Dong Tao yang baik dan mengerti bagaimana cara memasarkannya.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Logo IDT
Chatbot