CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Bentuk Pakan Ayam

Tanggal :05/10/2022 11.55.00 Penulis : Creative Team


         Pakan termasuk kebutuhan utama dalam ternak ayam broiler. Bentuk pakan ayam yang diberikan harus sesuai dengan umur ayam. Perbedaan bentuk pakan ini bertujuan untuk meningkatkan asupan pakan ayam sehingga performa ayam menjadi optimal. Peningkatan asupan pakan atau feed intake juga berkaitan dengan wadah pakan ayam yang digunakan. Pakan berdasarkan bentuknya dibagi menjadi 3 yaitu bentuk mash, crumble, dan pellet.

 

  • Mash

Pakan bentuk mash atau tepung biasanya diperuntukkan bagi ayam fase starter. Pakan bentuk mash terdiri dari bahan yang digiling halus. Kelebihan dari pakan bentuk mash ini yaitu harganya yang murah dan cocok untuk ayam fase starter karena paruhnya yang masih kecil. Kelemahan dari pakan bentuk mash yaitu pakan mudah tercecer.

 

  • Crumble

Pakan bentuk crumble cocok untuk ayam fase grower. Kelebihan pakan bentuk crumble yaitu feed intake ayam meningkat dibandingkan dengan pakan berbentuk mash. Pendistribusian bahan pakan bentuk crumble juga lebih merata sehingga kehilangan nutrisi dapat dicegah.

 

  • Pellet

Pakan bentuk pellet biasanya diperuntukkan bagi ayam fase finisher. Kelebihan dari bentuk pellet yaitu mengurangi penyusutan pakan yang disebabkan oleh debu dan meminimalisir pengambilan pakan secara selektif oleh ayam. Kelemahan dari bentuk pakan pellet yaitu dapat meningkatkan tingkat kanibalisme antar ayam karena ukurannya yang kurang sesuai dengan paruh ayam.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot