CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Biofilm pada Saluran Nipple Drinker

Tanggal :11/10/2022 10.13.00 Penulis : Creative Team


Pada era modern saat ini peternak ayam broiler sudah banyak yang memilih nipple drinker sebagai tempat minum ayam otomatis untuk mempermudah proses pendistribusian air minum untuk ayam. Kelebihan nipple drinker yaitu meminimalisir litter basah atau lembab yang disebabkan akibat tumpahan air minum. Kelemahan dari nipple drinker ini yaitu perlunya perawatan saluran pipa secara rutin.

Perawatan saluran pipa nipple drinker penting dilakukan peternak guna menghindari adanya penyumbatan. Penyumbatan biasanya disebabkan oleh biofilm. Biofilm merupakan lapisan lendir yang dihasilkan oleh bakteri yang terdapat pada air minum. Mikroorganisme yang terkandung dalam air minum mengeluarkan lapisan lendir dan kemudian membentuk koloni. Pembentukan biofilm diawali dengan pembentukan kerak pada permukaan dalam pipa.

Kerugian adanya biofilm pada nipple drinker yaitu tersumbatnya saluran air minum ayam. Biofilm jika dibiarkan akan semakin menebal dan menjalar ke nipple lain yang masih berada pada pipa yang sama. Jika nipple drinker yang tersumbat oleh biofilm sudah parah maka ayam akan kesulitan dalam meminum air dan dapat menyebabkan ayam mengalami dehidrasi. Selain itu bakteri patogen yang terdapat pada pipa juga dapat menjadi sumber penyakit pada ayam broiler.

Pencegahan pembentukan biofilm pada nipple drinker ini harus dilakukan secara rutin karena penambahan vitamin dan obat dilakukan melalui air minum. Salah satu pencegahan biofilm yaitu dengan rutin melakukan flushing. PT Mitra Alat Ternak sebagai supplier tempat minum ayam mempunyai produk unggulan yaitu Ziggity watering system. Ziggity watering system merupakan tempat minum ayam otomatis yang memiliki keunggulan valve flushing otomatis yang memudahkan peternak dalam melakukan proses flushing.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot