CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Cara Ayam Keluarkan Panas Tubuh

Tanggal :26/01/2023 14.24.00 Penulis : Creative Team


Ayam merupakan hewan homeotermik atau berdarah panas yang memiliki kemampuan untuk mempertahankan suhu tubuhnya agar tetap stabil saat terjadi perubahan lingkungan yang besar. Ayam yang dipelihara di daerah tropis seperti Indonesia rentan terkena heat stress. Tubuhnya yang tertutup bulu dan tidak memiliki kelenjar keringat menjadikan ayam perlu membuang panas tubuhnya ke lingkungan.


Normalnya suhu tubuh ayam berkisar antara 40-41,5oC. Tetapi jika suhu tubuh ayam diatas normal maka interaksi panas ayam dengan lingkungan sekitar akan sangat menguntungkan untuk ayam dalam mengatur suhu tubuhnya. Terdapat beberapa cara yang dilakukan ayam untuk menghilangkan kelebihan panas tubuhnya diantaranya yaitu radiasi, konduksi, konveksi, dan evaporasi.


Proses ayam mengeluarkan panas tubuh secara radiasi dengan cara melebarkan sayap atau adanya gejala bulu ayam yang berdiri. Radiasi merupakan usaha ayam untuk mengoptimalkan pengeluaran kelebihan panas tubuh lewat proses radiasi. Proses secara konduksi adalah pelepasan kelebihan panas tubuh melalui kontak langsung dengan benda padat yang bersuhu lebih rendah contohnya menempelkan tubuh ke bagian dinding kandang yang lebih dingin ataupun membenamkan tubuhnya ke litter. Cara tersebut bertujuan agar panas tubuh ayam berpindah pada benda tersebut. Hal tersebut dipengaruhi oleh luas permukaan dari benda-benda yang bersentuhan. Selain itu juga dipengaruhi oleh perbedaan suhu awal antara kedua benda tersebut.


Proses pengeluaran panas tubuh yang ketiga yaitu secara konveksi. Konveksi merupakan proses pelepasan kelebihan panas tubuh melalui perpindahan udara dan air. Contohnya yaitu melalui aliran udara yang membawa panas tubuh ayam. Proses konveksi ini dapat dilihat dari meningkatnya intensitas konsumsi air pada ayam. Namun peningkatan konsumsi air pada ayam jika terjadi secara terus menerus maka bisa berdampak pada performa ayam yang semakin buruk. Perpindahan panas melalui proses konveksi dapat dipercepat jika kecepatan aliran fluida di sekeliling tubuh ditingkatkan.


Proses pengeluaran panas tubuh ayam yang terakhir yaitu evaporasi. Proses evaporasi yaitu pelepasan kelebihan panas melalui proses penguapan yang terjadi di dalam paru-paru. Ayam yang melakukan proses evaporasi sering menunjukkan gejala panting atau yang biasa disebut mangap-mangap. Panting juga bisa disebabkan karena ayam terkena heat stress. Penggunaan blower pada kandang closed house dapat menjadi solusi bagi kasus ayam panting. PT Mitra Alat Ternak sebagai supplier dan distributor peralatan ternak menjual peralatan kandang ayam dengan kualitas terjamin dan terpercaya guna meningkatkan bisnis para peternak ayam di seluruh Indonesia.


Jika ayam sering melakukan proses pengeluaran panas tubuh ayam baik melalui proses radiasi, konduksi, konveksi, maupun evaporasi, peternak perlu waspada. Hal tersebut dikhawatirkan dapat berdampak pada penurunan performa ayam dan profit yang didapatkan oleh peternak.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot