CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Cara Mencegah Kanibalisme Pada Ayam

Tanggal :24/10/2022 11.12.00 Penulis : Creative Team


            Kanibalisme pada ayam dapat terjadi pada semua jenis ayam baik ayam petelur (layer) maupun ayam pedaging (broiler). Perilaku kanibalisme pada ayam ini sangat merugikan bagi peternak. Oleh sebab itu peternak perlu mengetahui cara mencegah dan juga menanggulangi jika mendapatkan ayamnya menunjukkan gejala-gejala kanibalisme.


             Pencegahan kanibalisme pada ayam dilakukan di awal pemeliharaan ternak ayam. Hal pertama yang dilakukan yaitu mengatur kepadatan kandang dan memastikan sistem ventilasi dalam kandang memiliki sirkulasi udara yang baik. Hal ini penting dilakukan sejak awal agar ayam tetap memiliki ruang gerak. Selain itu usahakan juga agar ayam yang berada dalam kandang memiliki bobot ataupun umur yang sama. Ketika pergantian bentuk pakan pada ayam, peternak tidak boleh melakukan pergantian secara sekaligus. Pergantian bentuk pakan sebaiknya dilakukan secara bertahap guna mencegah ayam terkena stres dan menjadi kanibal.


            Pakan ayam diberikan secara merata agar semua ayam memiliki akses terhadap pakan. Penggunaan tempat pakan ayam otomatis akan memudahkan dalam pendistribusian pakan secara merata dalam kandang. Sehingga peternak perlu mengetahui distributor tempat makan ayam otomatis yang terpercaya agar mendapatkan barang terbaik dengan penawaran yang terbaik pula. Nutrisi yang terkandung dalam pakan dibedakan menjadi makronutrien dan mikronutrien. Komponen yang sering luput dalam pakan yaitu mikronutrien. Selain itu bisa juga melakukan debeaking atau pemotongan paruh. Selain bertujuan untuk efisiensi pakan pemotongan paruh juga dapat mencegah kanibalisme pada ayam.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot