CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Cara Mengatasi Ayam Panting

Tanggal :15/12/2022 12.01.00 Penulis : Creative Team


Peristiwa ayam panting atau mangap-mangap pada umumnya merupakan pertanda ayam kekurangan oksigen. Ayam melakukan perilaku panting dengan tujuan untuk menstabilkan suhu tubuhnya. Otak ayam memacu detak jantung untuk lebih cepat dan membantu melalui pernafasan melalui mulut. Perilaku panting dapat berpengaruh terhadap kesehatan ayam dan menurunkan produktivitas serta performa dari ayam tersebut.


Sebelum panting, ayam akan menjulurkan kakinya dan membuka sayapnya dengan tujuan untuk melepaskan dan menghantarkan panas ke benda sekitarnya. Ketika hal tersebut tidak bisa mengatasi panas yang berlebih pada suhu tubuhnya, maka ayam akan menggunakan pernafasan tambahan melalui hidung yang awalnya perlahan dan sedikit membuka lalu sampai akhirnya terbuka lebar. Kemudian setelah itu ayam akan panting hingga mengeluarkan bunyi ngorok di siang hari. Ayam panting yang sudah parah bisa menjurus ke heatstres. Kasus heatstres pada ayam dewasa menyebabkan kematian yang tidak sedikit sehingga sering merugikan para peternak.


Ayam panting dapat disebabkan karena kepadatan kandang yang tinggi. Kepadatan kandang yang terlalu tinggi harus dilakukan pelebaran, penjarangan atau panen. Penggunaan kipas pada kandang close house terbukti dapat mengatasi/meminimalisir ayam panting. PT Mitra Alat Ternak menjual kipas kandang ayam closed house berkualitas dengan beragam pilihan sehingga peternak dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kipas didalam kandangnya. Pemberian vitamin dan obat yang sesuai dengan takaran dosisi yang tepat juga dapat membantu meminimalisir stress yang dirasakan ayam karena kekurangan oksigen. Menggunakan semprot atau embun kandang. Air tambahan berupa embun oksigen akan menurunkan suhu udara sehingga panas dalam kandang akan berkurang.


Langkah-langkah antisipasi ini perlu diketahui peternak ayam karena perilaku ayam panting berdampak bagi pertumbuhan yang tidak optimal. Ayam panting akan lebih banyak minum dibandingkan makan sehingga feed intake ayam akan menurun dan energi yang dikeluarkan oleh ayam saat panting akan lebih besar dan menghambat pertumbuhan ayam. 

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot