CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Cara Mengatasi Heat Stress Ayam Broiler

Tanggal :24/10/2022 16.01.00 Penulis : Creative Team


            Tidak hanya manusia, hewan ternak seperti ayam broiler juga dapat terjangkit stress. Heat stress pada ayam broiler terjadi ketika suhu dan kelembapan tinggi diiringi dengan ketidakmampuan ayam dalam meradiasikan panas dalam tubuhnya. Ciri-ciri ayam yang mengalami heat stress yaitu terlihat gelisah, lebih banyak minum air, nafsu makan menurun drastis, sayap ayam sering dibentangkan, dan kecepatan pernafasan ayam semakin cepat.


            Heat stress dapat menurunkan produktivitas ayam broiler dan berpengaruh terhadap hasil panen ayam broiler. Layaknya penyakit lain yang menjangkiti ayam broiler, heat stress dapat diatasi dengan beberapa cara. Pengurangan kepadatan jumlah ayam broiler dalam kandang dapat mengatasi heat stress karena ayam menjadi memiliki ruang gerak yang lebih luas. Peternak juga dapat memindahkan atau menempatkan ayam ke tempat yang lebih sejuk agar ayam menjadi lebih nyaman dan lebih tenang.


    Ayam yang mengalami heat stress sebaiknya diberikan air dingin dengan suhu 20-24oC. Hal ini bertujuan untuk menstabilkan suhu tubuh ayam saat udara lingkungan tinggi. Produktivitas dari ayam yang diberikan air dingin juga lebih tinggi dibandingkan ayam yang diberikan air hangat. Pemberian vitamin C dan elektrolit juga dapat mengatasi heat stress pada ayam broiler. Peternak juga dapat memberikan pakan tambahan untuk meningkatkan nafsu makan ayam. Pembersihan saluran air minum harus rutin dilakukan bahkan ditingkatkan terlebih lagi ketika suhu tinggi perkembangan bibit penyakit menjadi lebih cepat.


    Ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan peternak ketika suhu sedang tinggi seperti vaksinasi, potong paruh, dan tidak memberi pakan secara langsung saat siang hari. Ketidaklayakan dari kandang ayam broiler dapat menjadi penyebab ayam terkena heat stress. Hal ini dikarenakan heat stress pada ayam terjadi saat suhu tinggi. Peternak dengan kandang sistem close house bisa lebih mudah mengontrol suhu dalam kandang karena peralatan-peralatan di dalamnya bekerja dengan menyesuaikan suhu yang diinginkan oleh peternak. Peternak harus pintar dalam memilih distributor yang menjual alat kandang ayam broiler berkualitas karena setiap peralatan memiliki kelebihan dan kelemahannya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan para peternak.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot