CIRI - CIRI DOC BERKUALITAS

Tanggal :15/09/2023 00.00.00 Penulis : Creative Team


 Day Old Chick atau DOC sering disebut dengan pengertian ayam umur satu hari. DOC menjadi salah satu faktor kunci keberhasilan dalam manajemen broiler modern. DOC broiler yang baik mempunyai ciri ciri tersendiri, hal ini perlu diketahui karena digunakan untuk peternakan ayam broiler agar tingkat mortalitas dapat diminimalisir dan performanya optimal sehingga hasil yang didapatkan maksimal. Keberhasilan usaha ternak ayam broiler sebagai usaha yang menjanjikan tidak terlepas dari tiga faktor yaitu pakan, manajemen pemeliharaan dan lingkungan.

 

Berikut Ini Ciri-Ciri DOC yang Baik

    

• Bobot DOC (Day Old Chick)

Bobot minimum DOC di penetasan yakni 35 gram per ekor, bebas dari Salmonella, pullorum dan juga jaminan tingkat kematian DOC sampai di konsumen sebesar 2%. Untuk mendapatkan bobot badan yang diinginkan pada waktu yang tepat, maka perlu memberikan pakan yang tepat. Selain memberikan pakan ayam yang tepat, peternak juga harus memperhatikan wadah pakan ayam yang sesuai untuk DOC.

 

• DOC dalam Keadaan Sehat

Sehat yang dimaksud dalam artikel ini yaitu bibit tersebut tidak terjangkit penyakit unggas berbahaya yang disebabkan oleh bakteri, virus dan parasit.

 

• Memiliki Mata Cerah

Ayam sehat memiliki mata yang terlihat cerah. Hal ini menandakan tidak adanya cacing atau gangguan penglihatan.

 

• DOC Lincah dan Aktif

Ayam sehat memiliki postur tubuh kokoh dan lincah ketika bergerak. Ini artinya semua organ tubuh ayam berfungsi secara optimal dan tidak ada potensi infeksi cacing di dalamnya.

 

Nah itulah ciri-ciri DOC broiler yang berkualitas. Sebagai peternak, pengetahuan terhadap DOC harus cukup mendalam dan terus meningkat. Hal ini berkaitan dengan penyesuaian manajemen yang akan diterapkan selama pemeliharaan berlangsung.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Logo IDT
Chatbot