CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Ciri-ciri Kandang Terlalu Dingin

Tanggal :25/11/2022 13.27.00 Penulis : Creative Team


Pengontrolan suhu dalam kandang close house sangat penting karena berkaitan dengan kenyamanan dan berdampak dengan produktivitas dari ayam itu sendiri. Terlebih lagi ketika ayam masih pada saat brooding dan masih membutuhkan penghangat pengganti dari indukannya. Kandang yang terlalu dingin ataupun panas dapat menyebabkan ketidakmerataan penyebaran ayam pada kandang dan bahkan dapat menyebabkan kematian.


Ayam akan merespon dengan berbagai cara ketika kondisi suhu tidak nyaman. Pada kandang yang terlalu dingin ayam akan lebih sering ditemui di dekat penghangat atau heater. Peternak dapat mengamati dan menganalisa penyebab suhu dingin dalam kandang dari tingkah laku ayam. Jika suhu brooding terlalu rendah ayam akan cenderung diam dan meringkuk. Jika kondisi kaki ayam basah hal itu dapat disebabkan karena litter yang basah atau bahkan lembab. Ayam akan meningkatkan metabolismenya ketika ayam merasakan kedinginan. Kandang ayam yang terlalu dingin juga dapat dicirikan dengan malasnya ayam untuk beraktivitas seperti makan dan minum. Untuk mencegah agar kandang ayam tidak terlalu dingin bagi ayam, peternak perlu mengontrol suhu sesering mungkin.


Pengontrolan suhu dapat dilakukan bersamaan dengan pemberian ransum. Suhu brooding dapat diukur dengan termometer yang diletakkan di tengah kandang brooder dengan ketinggian 20-30 cm dari litter. Selain menggunakan termometer, keadaan suhu brooder dapat digambarkan pula dengan aktivitas dan penyebaran anak ayam. Suhu yang ideal akan menyebabkan anak ayam beraktivitas secara normal dan ayam tersebar secara merata ke seluruh kandang.


Kelemahan pada ayam broiler seperti mudah terserang penyakit dan sensitif terhadap lingkungan menjadi alasan mengapa suhu dalam kandang sangat penting untuk diperhatikan oleh peternak. Kandang yang terlalu dingin dapat menyebabkan feed intake ayam tidak terpenuhi sehingga pertumbuhan ayam terhambat. Suhu kandang yang terlalu dingin dapat memicu radang paru-paru pada ayam. Ayam broiler yang mengalami kedinginan akan melakukan proteksi seperti pertumbuhan bulu yang cepat dan lebat. Saraf ayam akan otomatis merespon dan mengirim sinyal bahwa membutuhkan perlindungan. Bulu tebal pada ayam broiler tidak bagus dikarenakan tujuan dari ternak ayam broiler yaitu untuk dimanfaatkan dagingnya bukan bulunya.


PT Mitra Alat Ternak sebagai supplier dan distributor peralatan ternak berkualitas menjual lebih dari 365 jenis produk peralatan ternak. Kami juga menjual tempat makan ayam broiler baik manual maupun otomatis. Beberapa produk tempat makan ayam broiler yang kami miliki yaitu baby chick feeder, super feeder, dan juga pan feeder. Tempat pakan otomatis memiliki kelebihan yaitu kehigienisan dari pakan yang lebih terjaga.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot