CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Culling pada Ayam

Tanggal :24/01/2023 11.34.00 Penulis : Creative Team


Culling merupakan salah satu perlakuan yang dilakukan oleh peternak untuk memanajemen pemeliharaan ayam. Culling pada ayam dilakukan dengan cara memisahkan atau mengafkir ayam yang terlihat memiliki performa kurang baik. Penyeleksian dilakukan dengan cara memilih ayam yang memiliki performa baik. Kemudian ayam yang telah diseleksi merupakan ayam yang harus diternakkan.  


Pengaplikasian culling yang benar akan menjaga ayam tetap dalam kondisi yang nyaman sehingga pertumbuhan ayam dapat seragam sehingga puncak produksi bisa tercapai dengan baik. Beberapa tujuan dari perlakuan culling yaitu untuk mempermudah pengawasan karena pada perlakuan culling hanya mengawasi ayam yang sehat. Selain itu juga culling bertujuan dalam perbaikan efisiensi pakan. Ayam yang tidak memenuhi standar dalam mengonsumsi pakan sudah dipisahkan sejak awal. Angka kematian juga akan berkurang karena ayam sakit sudah dimusnahkan sehingga penyebaran penyakit pada area kandang sangat minim. Penyeragaman pertumbuhan ayam lebih mudah dicapai karena ayam sudah melewati penyeleksian sehingga ayam yang diternakkan akan tumbuh maksimal dengan ukuran yang seragam.


Beberapa keuntungan dari pelaksanaan culling yaitu:

1.   Kepadatan ayam dalam suatu kandang menjadi optimal karena kandang ayam diisi oleh ayam yang sehat. Ayam akan menjadi lebih produktif karena berada dalam kandang yang nyaman. Guna menunjang performa ayam, peralatan dalam kandang juga sangat penting. PT Mitra Alat Ternak menjual alat kandang ayam broiler dengan kualitas terjamin dengan mengutamakan kepuasan pelanggan dalam setiap pelayanan.

2.      Tidak terjadinya penyebaran penyakit antara ayam sakit dan sehat.

3.      Pengurangan tenaga kerja dalam kandang.

4.      Jumlah ransum yang dibutuhkan untuk ayam sehat menjadi optimal.

 

Perlakuan culling ayam bisa dilakukan pada waktu awal pemeliharaan, masa pertumbuhan, dan menjelang masa produksi. Pengamatan yang dilakukan lebih awal dengan tepat maka dapat mencegah kejadian yang tidak diinginkan lebih awal juga. Catatan pemeliharaan atau yang sering disebut (recording) sangat penting karena menampilkan data jumlah pakan yang dihabiskan. Seleksi maupun culling bisa dilakukan saat pendataan tingkat feed convertion ration (FCR) menunjukkan nilai yang jauh dari standar.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot