DAMPAK PERBEDAAN KADAR AMMONIA PADA AYAM BROILER

Tanggal :11/05/2023 00.00.00 Penulis : Creative Team


Pada usaha ternak ayam broiler permasalahan yang sering ditemui oleh peternak yaitu bau kandang yang menyengat. Bau menyengat disebabkan oleh kadar ammonia yang tinggi dalam kandang. Sebetulnya kisaran kadar ammonia dalam kandang bisa diketahui dengan melihat dampaknya terhadap ayam broiler dan juga petugas kandang. Pendeteksian kadar ammonia dapat menggunakan alat detektor ammonia berupa ammonia meter dan ammonia test paper. Jika dilihat berdasarkan respon petugas kandang, pada kadar ammonia 20 ppm bau ammonia mulai tercium. Kadar ammonia 25-30 ppm bau sudah tercium oleh petugas kandang. Kadar ammonia 50-60 ppm bau tajam menusuk dan pada kadar ammonia 100 ppm dapat menyebabkan iritasi hidung.


Ammonia juga berdampak terhadap produktivitas ayam. Semakin tinggi kadar ammonia dalam kandang semakin buruk dampaknya bagi ayam broiler. Pada kadar ammonia 10 ppm selaput lendir saluran pernapasan ayam akan rusak sehingga sistem pernafasan ayam terganggu dan banyak ayam panting. Jika kadar ammonia naik menjadi 20 ppm, dampaknya bertambah buruk bagi sistem pernapasan ayam yaitu bulu getar paru-paru tidak berfungsi secara normal. Kadar ammonia 50-75 ppm akan menurunkan feed intake ayam broiler. Ayam broiler dapat mengalami kebutaan karena kornea mata yang rusak pada kadar ammonia 100 ppm. Produktivitas ayam akan turun seiring meningkatnya kadar ammonia. Ammonia 125 ppm akan menurunkan tingkat produksi sebesar 50%.


Peliknya permasalahan ammonia dalam kandang menjadikan peternak terus beradaptasi terhadap produk peralatan ternak yang dapat meminimalisir penyebab tingginya kadar ammonia. Terdapat beberapa produk drinker system yang menawarkan kelebihan produk berupa dampaknya dalam meminimalisir tumpahan air ke sekam yang menjadi penyebab ammonia tinggi dalam kandang. Salah satu drinker system unggulan yaitu ziggity watering system yang bisa didapatkan di PT Mitra Alat Ternak, supplier dan distributor alat kandang closed house berkualitas dan terpercaya.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Logo IDT
Chatbot