CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Fakta Kuning Telur Ganda (Double Yolk)

Tanggal :16/12/2022 13.56.00 Penulis : Creative Team


Fenomena ditemukannya kuning telur ganda (double yolk) pada telur ayam masih menjadi hal yang jarang ditemukan. Double yolk biasanya terjadi pada ayam muda yang baru bertelur atau pada ayam yang memiliki bobot badan besar. Double yolk bisa diakibatkan jika 2 calon telur (ovum) diovulasikan dalam waktu yang hampir bersamaan. Umumnya, ovum baru diovulasikan 1 jam setelah bertelur. Ovulasi dipengaruhi oleh hormon yang berperan dalam stimulasi ovulasi. Namun jika terjadi ketidakseimbangan hormon bisa saja ovum dilepaskan lebih cepat. Akibatnya 2 ovum (kuning telur) secara bersamaan akan terselimuti albumin (putih telur), membran telur dan kerabang secara bersamaan, kemudian menjadi 1 butir telur (single egg). Faktor genetik juga dapat mempengaruhi kejadian ini dengan rasio 1 berbanding 1000.


Faktor-faktor yang menyebabkan kuning telur ganda antara lain yaitu stress yang dialami ayam dan kelebihan berat badan. Stress internal yang dialami oleh ayam biasanya terjadi pada saat awal produksi hingga pascaproduksi. Pada saat ini ayam dipaksa untuk meningkatkan berat badan dan pada saat yang bersamaan harus meningkatkan juga persentase produksi dan berat telurnya. Selain stres internal, ayam juga akan merasakan stres eksternal yang disebabkan oleh fluktuasi suhu serta kelembapan dan kadar amonia yang tinggi. Hal ini sangat dipengaruhi oleh kondisi kandang yang tidak terawat dengan baik. Pemilihan peralatan ternak ayam dapat dilakukan di supplier peralatan ternak ayam yang mengutamakan produk-produk berkualitas tinggi.


Kelebihan berat badan pada ayam petelur bisa menimbulkan dampak yang kurang baik terlebih pada saat stimulasi cahaya. Pada awal produksi. penambahan berat badan memiliki hubungan dengan program pencahayaan sehingga level esterogen dalam tubuh lebih tinggi. Hormon esterogen akan menciptakan efisiensi dalam memanfaatkan energi di dalam pakan dan jika berlebihan malah akan menjadi lemak. Oleh karena itu. pada ayam yang kegemukan akan berbahaya jika level esterogen sangat tinggi. Ayam kegemukan akan sulit membentuk sel telur secara berlebihan pada ovariumnya. Sel-sel telur besar dan matang akan terlepas dari ovarium secara tidak beraturan. Jika jarak pelepasan sel telur satu dengan yang lain hanya tiga jam. ayam ini akan menghasilkan double yolk.


Telur dengan kuning ganda mengandung protein dua kali lipat dari telur biasa sehingga aman dan sehat untuk dikonsumsi selama dihasilkan oleh induk unggas yang sehat dan disimpan dalam tempat bersih sehingga meminimalkan telur tersebut terpapar mikroba patogen serta dimasak secara matang. Kasus double yolk sebenarnya tidak terlalu berpengaruh terhadap produktivitas ayam. Jika tingkat kejadian kuning telur ganda ini cukup tinggi (4% atau lebih), maka batasi konsumsi ayam secara perlahan, kira-kira 5-10% di bawah kemampuan makannya. Hal ini karena ukuran telur yang ekstra besar pada telur double yolk bisa meregangkan dan melemahkan otot kloaka, sehingga akan memperbesar kemungkinan terjadinya prolapsus (keluarnya saluran telur dari rongga badan melalui kloaka pada waktu bertelur). Kasus prolapsus sendiri bisa memicu kanibalisme dan kematian ayam.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot