CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Fakta Rontoknya Bulu Ayam

Tanggal :28/10/2022 14.45.00 Penulis : Creative Team

 

Kerontokan bulu ayam bukanlah hal asing bagi peternak. Hal ini merupakan peristiwa yang alami dan tidak dapat dihindari karena kerontokan bulu ayam justru bermanfaat bagi kesehatan ayam. Terdapat banyak penyebab atas rontoknya bulu ayam diantaranya yaitu:

 

  1. Rontok bulu tahunan (annual molting)

Rontok bulu tahunan biasa terjadi pada ayam layer (petelur). Alasan paling umum penyebab rontoknya bulu tahunan pada ayam layer yaitu mabung tahunan. Saat mabung tahunan ayam kehilangan bulu di lehernya terlebih dahulu kemudian menyebar ke punggung dan kemudian berpindah ke dada sampai ekor. Mabung tahunan berlangsung sekitar 6 minggu namun untuk ayam layer yang lebih tua masa mabungnya berlangsung sekitar 10-12 minggu. Selama masa mabung jumlah telur ayam akan sangat berkurang. Hal ini disebabkan karena ayam membutuhkan banyak protein untuk bertelur. Selain itu bulunya juga mengandung 80% protein dan ayam tidak memiliki protein yang cukup untuk melakukan keduanya pada saat yang bersamaan.

 

  1. Parasit

Parasit dapat menyebabkan ayam kehilangan bulu dan berhenti bertelur. Parasit yang paling umum dijumpai yaitu kutu dan tungau merah. Tungau hidup yang berada dalam kandang ayam dan muncul pada malam hari dapat menghisap darah dari ayam.

 

  1. Pembersihan  bulu dengan paruh (Preening)

Pembersihan bulu dengan paruh adalah perilaku alami unggas yang bertujuan untuk mengatur bulu dengan menggunakan paruhnya. Perilaku preening ini terkadang dapat menyebabkan ayam kehilangan bulunya.

 

  1. Faktor  Stres

Ayam dapat kehilangan bulunya ketika mengalami stres yang tinggi. Stres pada ayam dapat disebabkan oleh pergantian bulu tahunan, penambahan ternak baru, pindah kandang, kehadiran predator, pemotongan paruh, ataupun terserang penyakit.

  

  1. Perubahan  Pola Makan

Perubahan pola makan pada ayam secara mendadak dapat memicu kerontokkan bulu. Memberi ayam pakan berprotein tinggi adalah salah satu cara untuk memastikan asupan yang cukup untuk ayam guna menghindari kerontokan bulu. Penggunaan tempat makan ayam otomatis dapat menghemat pakan, waktu, tenaga, dan juga biaya. Tetapi pemilihan tempat pakan ayam bergantung dengan kebutuhan dari peternak itu sendiri. Mitra Alat Ternak sebagai supplier dan distributor peralatan ternak berkualitas menyediakan talang pakan dengan kualitas material terbaik.

 

Hal yang perlu diingat yaitu bahwa kerontokan bulu pada ayam layer bukanlah hal yang berbahaya. Namun kerontokan pada bulu dapat menjadi indikator untuk memonitoring ayam secara menyeluruh baik dalam segi pakan yang sehat dan berkualitas, menjaga kebersihan kandang, dan memastikan ayam tidak dalam keadaan stres.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot