FAKTOR MUNCULNYA BAU KANDANG CLOSED HOUSE

Tanggal : 11 Mei 2023 Penulis : Creative Team


Bau ammonia dalam kandang ayam merupakan hal yang umum diketahui oleh para peternak ayam broiler dengan kandang sistem close house. Kadar ammonia dalam kandang dipengaruhi beragam faktor seperti suhu, kelembapan, pH, dan kadar nitrogen. Selain itu ada banyak faktor lain yang menyebabkan munculnya bau kandang close house.  


Kualitas DOC yang jelek menjadi salah satu penyebab bau kandang. Hal ini disebabkan karena hasil metabolisme tubuh ayam berhubungan dengan kadar bau dari kotoran ayam. Ayam yang terjangkit penyakit dimana penyakit tersebut mengganggu saluran pencernaan akan mengakibatkan kandang bau. Contohnya seperti ayam yang mengalami diare menimbulkan bau feses yang lebih menyengat dan akan mengundang banyak lalat.


Selain kualitas DOC, kualitas pakan juga berpengaruh terhadap munculnya bau pada kandang close house. Pakan yang buruk dapat disebabkan oleh manajemen penyimpanan pakan yang buruk. Manajemen kandang merupakan hal yang menjadi faktor paling menentukan munculnya bau kandang dan mengundang lalat. Jika manajemen kandang buruk maka dapat dipastikan kadar ammonia dalam kandang close house tersebut tinggi dan menurunkan performa ayam broiler.


Peternak dengan kandang sistem close house dapat mengurangi bau dalam kandang dengan memanfaatkan peralatan seperti cooling pad. PT Mitra Alat Ternak menjual peralatan ternak ayam seperti cooling pad plastik yang dapat mengurangi bau ammonia dalam kandang hingga 98%. PT Mitra Alat Ternak memiliki kantor pusat di Tangerang dan memiliki kantor cabang di Pekanbaru dan Semarang. Mitra Alat Ternak menawarkan harga terbaik, kualitas tinggi, serta produk bergaransi untuk seluruh peternak.


kategori Blog

Tag

Post terbaru

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui