CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Faktor Penting dalam Manajemen Penyimpanan Pakan

Tanggal :07/10/2022 16.54.00 Penulis : Creative Team


Salah satu faktor penting dalam usaha ternak ayam yaitu pakan. Pakan juga merupakan komponen biaya produksi yang cukup mendominasi bagian pengeluaran dalam usaha ternak. Selain menekan efisiensi pakan yang terbuang dengan menggunakan feeding system otomatis, pakan yang diberikan juga harus memiliki mutu pakan yang tinggi. Sehingga ayam terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri ataupun jamur dalam pakan ayam.

 

Oleh sebab itu perlu adanya manajemen penyimpanan pakan yang dilakukan oleh para peternak. Tujuan dalam manajemen pakan yaitu untuk mempertahankan kondisi terbaik dalam jangka waktu yang lama sehingga pakan yang tersalurkan ke ayam merupakan pakan yang tetap terjaga dan terjamin mutunya. Peternak juga perlu tau faktor yang dapat mempengaruhi ataupun menurunkan kualitas dan kuantitas pakan selama proses penyimpanan pakan. Penggunaan tempat pakan ayam otomatis juga dapat mempengaruhi terjaganya kualitas maupun kuantitas dari pakan ayam. Hal ini menjadi latar belakang pentingnya peternak mengetahui distributor penjual tempat makan ayam broiler otomatis.

 

Faktor yang perlu diperhatikan selama proses penyimpanan pakan yaitu jenis pakan, lama penyimpanan, metode penyimpanan, temperatur, kandungan air, kelembapan udara, dan serangan hewan predator. Bahan pakan yang memiliki kandungan atau kadar air sangat tinggi jangan disimpan di dalam gedung yang memiliki suhu tinggi pula karena dapat mempercepat proses penjamuran. Agar pakan tidak tercemar sebaiknya pakan tidak disimpan dengan barang lain. Metode manajemen pakan yang biasa diterapkan yaitu metode FIFO (first in first out) supaya kualitas pakan tetap terjaga. Temperatur ruangan tempat pakan berkisar antara 30-34oC dan terhindar dari sinar matahari secara langsung. Kelembapan pada tempat penyimpanan pakan tidak boleh >70% karena jika melebihi angka tersebut bakteri dapat berkembang biak.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot