FAKTOR PENTING DALAM MESIN PENETAS TELUR

Tanggal :11/05/2023 00.00.00 Penulis : Creative Team


Pengeraman telur ayam selama 21 hari oleh ayam betina saat ini banyak digantikan peranannya oleh mesin penetas otomatis. Mesin penetas telur tidak hanya dipakai untuk menetaskan telur ayam saja tetapi dapat juga untuk menetaskan telur unggas lainnya seperti bebek, itik, dan lainnya. Sebelum menggunakan mesin penetas telur, kita perlu mengetahui terlebih dulu beberapa hal yang menjadi poin penting dalam pengoperasian mesin penetas telur.


Pengaturan suhu mesin penetas telur harus dimonitoring agar perkembangan embrio dalam cangkang telur berkembang secara maksimal. Suhu mesin penetas telur juga harus disesuaikan dengan jenis telurnya. Untuk penetasan telur bebek suhu yang direkomendasikan yaitu berkisar dari 37,78-39,940C. Sedangkan untuk telur ayam suhu yang direkomendasikan sebesar 38,33-40,550C. Suhu yang tidak sesuai dapat mengakibatkan gagalnya telur untuk menetas.


Selain suhu, ada hal yang perlu diperhatikan juga yaitu kelembapan. Kelembapan untuk telur ayam saat awal penetasan berkisar antara 52-55% kemudian dinaikkan sebesar 60-70%. Sedangkan untuk telur bebek kelembapan yang dibutuhkan pada minggu pertama sebesar 70% dan minggu kedua sebesar 60-70%. Kelembapan berpengaruh terhadap proses metabolisme kalsium pada embrio telur. Ketika kelembapan dalam mesin penetas tinggi, perpindahan kalsium dari kerabang telur ke tulang dalam perkembangan embrio akan lebih banyak.


Embrio dalam cangkang telur membutuhkan sirkulasi pertukaran udara agar perkembangan telur berjalan secara normal dan optimal. Kerabang telur memiliki pori-pori yang berperan dalam proses keluar masuknya udara. Sehingga selain suhu dan kelembapan, penting juga untuk menyediakan kadar oksigen yang cukup dalam mesin penetas. Persediaan oksigen berasal dari lubang ventilasi yang ada di mesin penetas. Mesin penetas bisa Anda dapatkan di supplier maupun distributor yang menjual peralatan kandang ayam. Pastikan untuk selalu memilih supplier maupun distributor yang terpercaya dan selalu menjaga kualitas produk serta pelayanannya terhadap customer. 

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Logo IDT
Chatbot