CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Flu Burung pada Ayam

Tanggal :07/12/2022 10.54.00 Penulis : Creative Team


            Flu burung atau avian influenza (AI) merupakan penyakit menular yang telah beradaptasi untuk menginfeksi burung yang disebabkan oleh virus influenza. Flu burung sangat merugikan peternak karena dapat membunuh ternak ayam dalam jumlah yang besar. Flu burung pertama kali dilaporkan pada tahun 1878 di Italia. Penyakit ini pada awalnya diduga sebagai kolera unggas bentuk akut. Sebelum dikenal sebagai flu burung, penyakit ini diberi nama pes unggas.


            Penularan flu burung dapat terjadi secara tidak langsung melalui kontak dengan benda-benda yang terkontaminasi seperti pakaian, peralatan kandang, kendaraan, dan lain sebagainya. Flu burung tidak menular melalui udara tetapi penularan dapat terjadi dari satu peternakan ke peternakan lain melalui perpindahan ayam, produk ayam, dan kendaraan yang digunakan untuk transportasi. Penggunaan tempat makan ayam otomatis dapat meminimalisir penularan flu burung dari ayam ke pegawai kandang karena pegawai kandang hanya perlu menuang pakan ke dalam hopper yang kemudian akan tersalurkan ke setiap pan feeder.


            Gejala yang sering ditemukan pada ayam yang terjangkit flu burung antara lain yaitu jengger dan pial membengkak dengan warna kebiruan, perdarahan merata pada kaki berupa bitnik-bintik merah atau sering disebut kaki kerokan, adanya cairan pada mata dan hidung (gangguan pernapasan), keluar cairan eksudat jernih hingga kental dari rongga mulut, diare, haus berlebihan, kerabang telur lembek, tingkat kematian sangat tinggi bahkan mendekati 100%, kematian dalam waktu 2 hari dan maksimal dalam 1 minggu.


            Pencegahan flu burung dapat dilakukan dengan pemberian vaksin, penerapan biosekuriti, mencegah kontak antara hewan peka dengan virus AI, menghentikan produksi virus AI oleh ayam tertular, peningkatan kesadaran masyarakat, pemusnahan ayam secara selektif (depopulasi) di daerah tertular, dan pemusnahan ayam secara menyeluruh di daerah tertular baru.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot