CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Gumboro pada Ayam Broiler

Tanggal :13/10/2022 11.34.00 Penulis : Creative Team


Gumboro atau infectious bursal disease (IBD) merupakan penyakit menular pada ayam yang disebabkan oleh virus dari famili Birnaviridae. Penyakit ini pertama kali ditemukan pada tahun 1962 di Gumboro, Delaware, Amerika Serikat. Gumboro dilaporkan di Indonesia pertama kali pada tahun 1983 dan sampai sekarang penyakit ini masih sering menjangkiti ayam. Morbiditi dan mortalitas ayam meningkat ketika memasuki masa pancaroba atau peralihan musim. Hal ini terjadi karena saat peralihan musim, ayam sangat rentan terkena penyakit salah satunya yaitu gumboro.


Gumboro dapat menjadi penyebab datangnya penyakit lain atau sebaliknya gumboro ditimbulkan oleh penyakit lain. Jika dalam penanganan penyakit gumboro tidak berjalan dengan baik maka akan diikuti dengan penyakit lainnya seperti E. coli, CRD, dan ND. Tanda ayam yang terkena gumboro yaitu ayam cenderung mematuk daerah kloakanya. Gejala yang tampak pada ayam yang terinfeksi penyakit gumboro yaitu ayam terlihat lesu, tidak nafsu makan sehingga feed intake mengalami penurunan dan berdampak pada lambatnya pertambahan berat badan, tidak bergerak, tremor, dan bulu berdiri. Posisi ayam yang mati disebabkan penyakit gumboro biasanya kakinya menjulur ke belakang dan kloakanya basah dengan cairan putih atau hijau.


Selain gumboro terdapat penyakit lainnya yang dapat menjangkiti ayam dan menyebabkan kematian pada ayam. Sistem pengobatan bagi ayam sangat penting agar ayam dapat terhindar dari penyakit dan memiliki daya tahan yang kuat. PT Mitra Alat Ternak sebagai supplier dan distributor peralatan ternak menjual peralatan kandang ayam termasuk medicating system dengan kualitas terbaik dan terjamin.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot