CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Kebutuhan DOC Saat Masa Brooding

Tanggal :04/01/2023 11.10.00 Penulis : Creative Team


Masa brooding merupakan masa dimana DOC masih membutuhkan penghangat. Pada kandang close house peran indukan sebagai penghangat digantikan oleh alat yang bernama heater. Jenis heater di pasaran sangat beragam dengan harga yang berbeda-beda. Setiap jenis heater memiliki kelebihan dan kelemahan yang perlu diketahui oleh peternak agar peternak dapat menentukan jenis heater yang sesuai dengan kebutuhan kandang serta sesuai dengan budget yang dimiliki.


Selain heater terdapat banyak peralatan lainnya yang dibutuhkan agar masa brooding berjalan lancar. Masa brooding umumnya terjadi dalam rentang umur ayam 0-14 hari. Masa brooding menjadi masa yang penting dalam pemeliharaan ayam karena menentukan baik tidaknya performa ayam selanjutnya sampai tahap panen. Agar brooding berjalan lancar peternak perlu mengetahui apa saja kebutuhan DOC saat masa brooding.


DOC setidaknya memerlukan 5 hal dasar untuk bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal. Kebutuhan dasar tersebut berkaitan dengan suhu, pencahayaan, kualitas udara, pakan, dan air minum. Sistem termoregulatori ayam yang berkaitan dengan pengaturan suhu belum berkembang secara optimal saat umur ayam di bawah 14 hari. Jika DOC merasakan kedinginan akibatnya DOC akan lebih memilih bergerombol, menghentikan aktivitas makan dan minum, stress, dan rentan terhadap penyakit.


Sistem termoregulatori pada ayam akan optimal sejak umur dua minggu. Penggunaan heater sangatlah penting untuk menjaga suhu kandang tetap stabil sesuai dengan kebutuhan ayam. Pencahayaan saat masa brooding DOC bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan dan menekan angka kematian. Cahaya dapat merangsang kelenjar tiroid yang berfungsi meningkatkan proses metabolisme sehingga memacu pertumbuhan ayam. Jika ditemukan banyaknya kasus kelumpuhan maka cahaya dalam kandang disesuaikan dengan cara mempersingkat masa gelap.


Kualitas udara bergantung dengan sistem ventilasi dalam kandang. Sirkulasi kandang yang baik dapat mengurangi bau ammonia. Pada kandang close house pengaturan sirkulasi udara dilakukan dengan mengatur kipas dan cooling pad.


Pemberian pakan setelah DOC sampai ke kandang juga perlu diperhatikan walaupun DOC masih memiliki sisa kuning telur setelah ditetaskan sebagai sumber energi. Tidak hanya sebagai sumber energi, namun juga untuk mempercepat penyerapan kuning telur (sebagai sumber antibodi maternal dari induk) dan memicu perkembangan saluran pencernaan, sehingga pertambahan bobot badan awal dan daging dada yang dihasilkan lebih tinggi.


            Selain pakan, air minum juga penting diberikan saat masa brooding khususnya saat awal kedatangan DOC. Konsumsi air minum ayam berbanding lurus dengan konsumsi pakan. Jika ketersediaan air minum kurang atau kualitasnya tidak baik maka konsumsi air minum ayam akan turun. Harga tempat minum ayam sangat beragam. Peternak perlu mengetahui jenis tempat minum ayam beserta keunggulan dan kelemahan dari setiap jenis tersebut agar pemilihan tempat minum ayam dalam kandang dapat sesuai.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot