KELEBIHAN DAN KELEMAHAN TERNAK LAYER DENGAN PULLET

Tanggal :11/05/2023 00.00.00 Penulis : Creative Team


Pullet merupakan ayam layer yang dipelihara sejak umur 0-13 minggu atau 0-16 minggu. Istilah pullet digunakan untuk memberi tanda bagi ayam petelur yang sudah siap produksi. Alasan umum mengapa peternak memilih untuk membeli pullet yaitu karena mempermudah peternak ayam layer dalam menjalankan bisnisnya. Peternak yang menggunakan pullet dapat memperoleh telur dengan segera. Kurangnya keterampilan dalam manajemen pemeliharaan dari DOC sampai pullet juga menjadi alasan pemilihan pembelian pullet untuk bisnis ayam layer. Lahan yang dibutuhkan untuk memelihara DOC sampai pullet harus terpisah dari kandang ayam layer yang sudah siap produksi untuk menghindari adanya penularan penyakit antar ayam.


Dibalik kelebihannya dalam membeli pullet untuk bisnis ayam layer, terdapat juga beberapa kelemahan diantaranya yaitu umur produksi ayam layer yang bisa mundur karena kemungkinan pullet stress saat proses pemindahan ke kandang dan ditambah dengan penanganan stress yang kurang tepat. Peternak yang membeli pullet tanpa mengetahui performa produksi pullet kemungkinan beresiko terhadap kematian ayam yang lebih tinggi. Pengetahuan dalam memilih pullet yang sehat dan berkualitas sangat penting agar hasil produksi yang didapat bisa diperoleh secara maksimal.


Beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu pada bagian kepala, mata, bulu, kloaka, dan struktur tubuh. Pada bagian kepala, indikator yang menunjukkan kondisi prima pullet yaitu dapat dilihat dari warna merah cerah dengan tekstur yang halus dan lebar. Mata ayam yang sehat terlihat cerah. Hal tersebut menandakan tidak ada gangguan pada penglihatan ayam. Pilihlah pulet dengan bulu yang halus dan rapi di seluruh tubuh ayam. Jika didapati banyak bulu ayam yang rontok maka ayam tersebut berpotensi terkena penyakit. Khusus pemilihan pullet perhatikan juga bagian kloaka ayam. Kloaka merupakan saluran tempat keluarnya telur. Normalnya kloaka akan melebar dengan diameter hingga tiga jari orang dewasa. Struktur tubuh pullet yang sebaiknya dipilih untuk dipelihara yaitu yang terlihat ramping dan kokoh. Ayam yang terlalu lebar atau gemuk dihindari karena dikhawatirkan kegemukan dapat memicu banyak penyakit muncul. Ayam dengan bobot yang besar biasanya mudah stres dan terserang penyakit.


Selain pemilihan pullet, pemilihan peralatan dalam kandang untuk menunjang operasional bisnis ayam petelur juga tidak kalah penting. PT Mitra Alat Ternak menjual tempat minum ayam otomatis yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam kandang. Selain tempat minum terdapat produk unggulan lainnya yang kami miliki untuk membantu para peternak di seluruh Indonesia. 

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Logo IDT
Chatbot