CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Kendala Bisnis Ayam Broiler

Tanggal :07/10/2022 17.05.00 Penulis : Creative Team


        Dalam menjalankan suatu bisnis khususnya bisnis ayam broiler sebelum memperhitungkan keuntungan yang akan diperoleh, peternak harus mengetahui terlebih dahulu kendala dalam menjalankan bisnisnya tersebut. Berikut beberapa faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan bisnis ayam broiler:


  • Penyakit ayam

Ayam broiler merupakan jenis ayam yang rentan terkena penyakit sehingga angka kematian dari ayam broiler cenderung lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis ayam lainnya. Nafsu makan ayam broiler juga mudah menurun saat ayam terkena stres dan hal itu dapat mengakibatkan ayam broiler mudah terkena penyakit. Pemberian vaksin dan vitamin secara teratur pada ayam broiler dapat meminimalisir ayam broiler yang terjangkit penyakit.

 

  • Mortalitas tinggi

Mortalitas tinggi menjadi penyebab kerugian ataupun kegagalan pada bisnis ternak ayam broiler yang sangat harus dihindari oleh peternak. Kematian pada ayam broiler disebabkan oleh banyak faktor mulai dari pakan, lingkungan kandang, dan penyakit yang menjangkiti ayam. Kerugian dari mortalitas yang tinggi ini dapat menyebabkan peternak untuk menghentikan usahanya.


  • Permintaan pasar menurun

Menurunnya permintaan pasar terhadap ayam broiler juga menjadi kendala dalam menjalankan bisnis ayam broiler. Hal ini dapat disebabkan karena tingginya harga ayam broiler di pasaran sehingga jumlah permintaannya menjadi turun. Tingginya harga ayam dapat disebabkan biaya proses produksi yang mahal dan kematian yang tinggi pada ayam broiler.


  • Harga pakan naik

Harga BBM yang naik akan mengakibatkan kenaikan harga pada pakan ayam sehingga menyebabkan harga ayam juga mengalami kenaikan. Faktor ini turut menjadi kendala dalam berbisnis ayam broiler karena akan berpengaruh pada harga ayam dan permintaan ayam di pasaran.

 

  • Manajemen pemberian pakan yang salah

Pemberian pakan harus dimonitoring secara rutin karena pemberian pakan yang salah akan menyebabkan kegagalan dalam bisnis ayam broiler sebab biaya produksi yang semakin membesar. Pakan yang diberikan harus sesuai dengan melihat umur ayam. Saat ayam berumur 1 sampai 7 hari pakan yang diberikan pakan starter dengan berbentuk mash, periode grower dengan bentuk pakan crumble untuk ayam umur 8 sampai 18 ataupun bisa sampai umur 21 hari, dan untuk ayam berumur lebih dari 20 hari bentuk pakannya berupa pellet.

 

  • Lingkungan masyarakat

Lingkungan masyarakat juga menjadi aspek yang penting untuk diperhatikan karena bisa menjadi kendala dalam pelaksanaan bisnis ayam broiler. Jika ketika ingin berbisnis ayam broiler menemui masalah dengan masyarakat maka peluang untuk mendapatkan izin menjadi nihil. Biasanya masyarakat keberatan dengan limbah peternakan yang dihasilkan.

 

Meskipun terdapat beberapa kendala dalam bisnis ayam broiler, peternak tidak perlu khawatir karena hal tersebut dapat diatasi dan diminimalisir dampaknya. Pemilihan supplier alat kandang ayam juga penting untuk dicermati karena setiap supplier menawarkan kelebihan dari produknya masing-masing.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot