KONSUMSI TELUR AYAM YANG SUDAH RETAK, AMANKAH?

Tanggal :11/05/2023 00.00.00 Penulis : Creative Team


Telur ayam mejadi telur yang paling populer dan banyak dikonsumsi oleh warga Indonesia dibandingkan dengan telur yang dihasilkan oleh hewan lainnya seperti telur bebek, telur puyuh, dan telur ikan. Telur ayam mengandung protein hewani yang mudah dicerna oleh tubuh dan bercita rasa lezat serta bernutrisi tinggi. Penurunan mutu telur ayam sangat mudah terjadi baik dari segi fisik, kimia, maupun biologi. Umumnya penyimpanan telur selama 2 minggu di ruangan terbuka rentan mengalami kerusakan alami seperti telur pecah maupun retak. Selain pecah atau retaknya telur, keluarnya udara dalam isi telur sehingga derajat keasaman telur naik dan berdampak terhadap penurunan berat telur serta putih telur menjadi encer sehingga telur tidak segar seperti semula.


Kerusakan telur menjadi penyebab utama masuknya mikroba ke dalam telur. Sumber penyakit dapat masuk ke dalam telur ayam saat proses produksi maupun distribusi. Jika membeli telur ayam dalam jumlah banyak biasanya penjual akan memberikan egg tray berbahan karton sekali pakai. Terdapat bahan jenis lainnya dari egg tray yaitu berbahan plastik yang bisa didapatkan di supplier peralatan ternak ayam. Saat hendak membeli telur di pasaran hindari telur yang sudah retak. Walaupun telur tersebut hanya retak sedikit tetapi kita tidak pernah mengetahui sejak kapan telur tersebut retak dan sudah berapa banyak bakteri jahat yang masuk ke dalam telur retak tersebut.


Jika menemukan telur retak dengan bau tak sedap dan warna putihnya sudah berubah warna maka buang saja. Telur yang sudah retak sekiranya lebih dari 3 jam maka sebaiknya tidak dikonsumsi dan dipergunakan untuk hal lainnya. Jika retaknya telur terjadi saat di rumah atau saat perjalanan dari toko ke rumah maka telur masih bisa dikonsumsi dengan catatan harus segera diolah dan dipastikan telur tersebut dimasak hingga matang agar bakteri jahat di dalamnya dapat mati.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Logo IDT
Chatbot