CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Manfaat Cangkang Telur Ayam

Tanggal :23/12/2022 11.18.00 Penulis : Creative Team


Tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap konsumsi telur ayam menjadikan banyaknya inovasi mengenai bagaimana caranya memanfaatkan cangkang telur. Kandungan cangkang telur yang lengkap menjadi dasar dari inovasi pemanfaatan cangkang telur sebagai pakan tambahan ternak unggas. Cangkang telur mengandung komposisi lengkap. Komposisi satu cangkang telur secara umum terdiri dari air sebanyak 1,6% dan bahan kering 98,4%. Bahan kering terdiri dari unsur mineral 95,1% dan protein 3,3%. Manfaat cangkang telur sebagai pakan tambahan ternak unggas yaitu dapat meningkatkan kinerja organ dengan baik, membantu meningkatkan metabolisme dengan maksimal, membantu memperbaiki pertulangan serta pertumbuhan ternak, sumber asupan nutrisi, membantu mengatur hormon reproduksi, dan membantu dalam pembentukan hemoglobin atau kekebalan tubuh. Langkah pertama, rendam cangkang telur dengan air panas 80oC selama 15-30 menit. Setelah itu bersihkan dan keringkan telur. Kemudian rendam lagi menggunakan asam fosfat dengan beberapa konsentrasi dan dibuat tepung. Setelah jadi tepung lalu campur dengan bahan baku pakan lain seperti jagung giling, bekatul, bungkil kedelai, dan lain-lain.


Selain itu cangkang telur dapat digunakan sebagai pupuk tanaman karena kandungan kalsium yang tinggi pada cangkang telur sekitar 90% maka sangat baik sebagai sumber nutrisi bagi tanaman. Cara mengaplikasikannya cukup mudah yaitu dengan cara cangkang telur dihaluskan kemudian diberikan langsung ke media tanam. Dapat juga dilakukan dengan mencampurkan saat pembuatan pupuk organik. Cangkang telur akan terdekomposisi pada tanaman selama beberapa minggu. Selain itu cangkang telur juga dapat menjadi penyubur tanah. Kegunaannya bisa dirasakan dengan baik pada tanah dengan tingkat keasaman yang tinggi.


Kondisi bagus tidaknya cangkang telur ayam yang dihasilkan bersumber dari beberapa faktor seperti induk, pakan, kualitas air minum, lama penyimpanan, dan lainnya. Kualitas pakan dan minum dapat berpengaruh buruk jika kualitas dari pakan dan minum yang diberikan pada ayam ternak juga buruk. Peralatan ternak seperti tempat pakan dan minum ayam bisa Anda peroleh di supplier tempat pakan dan minum ayam di berbagai penjuru Indonesia.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot