CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Mengapa Litter Kandang Perlu Diganti?

Tanggal :19/10/2022 13.04.00 Penulis : Creative Team

 

Salah satu kunci keberhasilan dalam usaha ternak ayam broiler yaitu manajemen litter atau alas kandang yang baik. Bahan litter yang sering ditemui yaitu sekam padi karena mudah didapatkan, murah, dan bebas debu. Litter sebaiknya sudah disiapkan 3 hari sebelum proses chick in. Petugas kandang harus mengetahui tindakan yang tepat untuk menjaga agar litter tetap kering demi kenyamanan ayam. Manajemen litter kandang ayam broiler tidak boleh disepelekan oleh petugas kandang karena litter yang sudah menggumpal dapat menyebabkan tingginya kadar ammonia dalam kandang dan dapat menurunkan performa pada ayam.


Gas ammonia berasal dari litter yang basah dan menggumpal karena feses, urin, dan air minum yang tumpah. Kadar ammonia yang masih tergolong aman dan tidak menimbulkan gangguan kesehatan pada ayam sekitar di bawah 20 ppm. Jika kadar ammonia lebih dari 20 ppm hal ini dapat menyebabkan iritasi pada mukosa membran mata dan saluran permafasan ayam. Dampak dari litter basah diantaranya yaitu dapat menyebabkan anak ayam di masa brooding malas untuk beraktivitas sehingga pertumbuhannya lambat walaupun suhu brooding sudah sesuai. Selain itu sekam basah juga dapat menjadi sumber penularan penyakit.


Manajemen litter yang baik dilakukan mulai dari proses chick in sampai proses panen. Pada masa brooding, litter sebaiknya dibolak-balikkan secara teratur tiap 3-4 hari sekali. Hal ini bertujuan untuk menghindari gumpalan litter. Jika gumpalan litter hanya sedikit maka litter yang menggumpal sebaiknya dibuang saja tetapi jika litter yang menggumpal sudah banyak lebih baik gumpalan litter tersebut ditumpuk dengan litter yang baru hingga litter yang menggumpal tidak tampak di permukaan. Tempat minum ayam juga berpengaruh terhadap cepat tidaknya litter menggumpal. Tempat minum ayam manual lebih riskan dalam menyebabkan litter basah karena kemungkinan air yang tumpah ke sekam lebih banyak dibandingkan jika peternak menggunakan tempat minum ayam otomatis. PT Mitra Alat Ternak menjual tempat minum unggas otomatis Ziggity watering system dengan kemudahan flushing dan tidak menggunakan mangkok sehingga air yang diminum oleh ayam adalah air yang higienis.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot