MENGENAL AYAM ARAB, PETELUR UNGGUL KETURUNAN BELGIA

Tanggal :11/05/2023 00.00.00 Penulis : Creative Team


Ayam arab merupakan ayam keturunan dari Belgia. Penamaan ayam arab ini mempunyai versi yang berasal dari sudut pandang yang berbeda-beda. Ada yang berpendapat penamaan ayam arab ini dikarenakan pejantan ayam arab memiliki daya seksualitas yang tinggi. Ada juga yang menyebutkan karena keberadaan ayam arab di Indonesia dibawa oleh warga Indonesia yang menunaikan ibadah haji sehingga ayam ini dinamakan ayam arab. Selain itu ada juga yang berpendapat karena bulu pada bagian leher ayam ini berwarna putih dimana ayam ini seakan-akan memakai penutup kepala.


Ayam arab dikenal sebagai ayam yang memiliki produktivitas telur yang tinggi. Ayam arab dapat menghasilkan sampai 260 butir telur per tahun. Angka tersebut jauh lebih banyak daripada jumlah telur yang dihasilkan oleh ayam kampung. Hal ini dikarenakan ayam arab tidak memiliki sifat mengeram sehingga bisa bertelur sepanjang tahun. Penampilan fisik telur ayam arab sama seperti telur ayam kampung pada umumnya dengan warna kerabang telur putih dan kecoklatan. Harga telur ayam arab lebih mahal dibandingkan dengan telur ayam layer. Telur ayam arab mengandung nutrisi yang lengkap sehingga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.


Selain keunggulan dalam hal produktivitas telur, ayam arab juga unggul dalam hal tahan terhadap penyakit, konsumsi pakan yang rendah, dan juga bisa diberikan pakan rumahan sehingga peternak bisa membuat pakan untuk ayam arab secara mandiri. Tetapi ayam arab tidak cocok untuk dijadikan sebagai ayam pedaging karena warna kulitnya yang kehitaman dengan daging yang tipis.   


Peternak ayam arab harus tetap memperhatikan lingkungan sekitar kandang agar ayam tetap dalam kondisi aman dan nyaman. Peralatan kandang ayam bisa didapatkan di supplier maupun distributor peralatan kandang yang menawarkan beragam produk dengan kualitas tinggi serta harga yang terjangkau.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Logo IDT
Chatbot