MENGENAL AYAM TUKUNG

Tanggal :11/05/2023 00.00.00 Penulis : Creative Team


Ayam tukung merupakan salah satu dari banyaknya varietas ayam lokal yang berasal dari Indonesia. Persebaran ayam tukung meliputi seluruh wilayah Indonesia. Ciri khas yang sangat spesifik menunjukkan ayam tukung yaitu tidak adanya tulang ekor yang biasa ditemukan pada ayam jenis lain. Ayam tukung memiliki kemiripan seperti burung puyuh besar.


Secara fisik ayam tukung hampir serupa dengan ayam kampung tetapi dengan ukuran kepala yang lebih kecil dan jengger berbentuk bunga (pea). Bulu ayam tukung pada bagian badan memiliki warna yang bervariatif meliputi merah, kuning hitam, hitam, hitam coklat, dan putih. Sedangkan untuk bulu leher ayam tukung umumnya berwarna merah, kuning, atau hitam. Warna kerabang telur yang dihasilkan oleh ayam tukung sama dengan warna kerabang telur ayam lokal lainnya yaitu berwarna putih kecoklatan.


Produksi telur ayam tukung termasuk kategori rendah jika dibandingkan dengan ayam kampung. Ayam tukung menghasilkan telur antara 6 sampai 12 butir per periode dengan rata-rata 10 butir per periodenya. Jumlah periode bertelur ayam tukung sebanyak 4 kali. Hal tersebut juga sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan ayam kampung yang memiliki jumlah periode sebanyak 6 kali.


Salah satu penyebab rendahnya rata-rata produksi telur ayam tukung yaitu tidak adanya tulang ekor yang berpengaruh pada tidak terdapatnya bulu ekor. Bulu ekor secara alami membantu proses pengeraman untuk melindungi dan menghangatkan telur. Rendahnya produktivitas telur ayam tukung merupakan bentuk adaptasi yang dilakukan karena tidak adanya bulu ekor tersebut sehingga ayam tukung memproduksi telur sesuai dengan jumlah telur yang mampu dieraminya.


PT Mitra Alat Ternak sebagai supplier dan distributor peralatan ternak berkualitas menjual peralatan kandang ayam mulai dari tempat pakan ayam, tempat minum ayam, mesin penetas telur ayam, dan banyak produk lainnya untuk membantu para peternak Indonesia semakin sukses dalam bisnis peternakan ayam yang digelutinya.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Logo IDT
Chatbot