MENGENAL FEED SUPPLEMENT DAN FEED ADDITIVE

Tanggal :11/05/2023 00.00.00 Penulis : Creative Team

 

Pemberian pakan pada ternak unggas khususnya ayam broiler merupakan pokok utama dalam menghasilkan panen yang maksimal. Tujuan dalam ternak ayam broiler yaitu untuk menghasilkan bobot daging ayam yang maksimal. Untuk mencapai hasil panen yang maksimal peternak memberikan tambahan pakan atau biasa disebut premix. Tujuan premix yaitu untuk meningkatkan kandungan nutrisi dan produktivitas ternak unggas.


Premix berdasarkan kandungan gizi dan tujuannya dibagi menjadi 2 kategori yaitu feed supplement (pelengkap pakan) dan feed additive (imbuhan pakan). Feed supplement merupakan bahan pakan tambahan berupa zat nutrisi mikro seperti vitamin, mineral, dan asam amino. Penambahan feed supplement dalam pakan menjadikan pakan kaya akan nutrisi. Produk feed supplement sangat beragam dan mudah ditemui di pasaran. Sedangkan feed additive merupakan bahan tambahan pakan yang bukan merupakan zat-zat nutrisi. Meskipun feed additive atau imbuhan pakan bukan sebagai sumber nutrisi, pemberian feed additive dapat memperbaiki kualitas ransum.


Beberapa jenis feed additive yang sering digunakan yaitu enzim, probiotik, prebiotik, dan sinbiotik. Sebetulnya ayam bisa memproduksi enzimnya sendiri tetapi ayam masih memerlukan tambahan enzim dari luar. Penambahan enzim phytase berfungsi untuk memecah ikatan antara phytat dan fosfor sehingga ketersediaan fosfor yang bisa diserap tubuh dapat meningkat. Jenis feed additive lainnya yaitu probiotik yang merupakan mikroba hidup yang jika dimasukkan ke dalam tubuh dapat memberikan dampak positif dengan catatan penambahan probiotik yang dilakukan dalam kadar normal. Dampak positif yang terjadi yaitu berupa peningkatan keseimbangan jumlah bakteri yang berperan pada saluran pencernaan. Sedangkan prebiotik merupakan zat makanan yang tidak dapat dicerna oleh ayam dan bersifat selektif terhadap mikroorganisme dalam saluran pencernaan.


Produk kombinasi antara probiotik dan prebiotik yaitu sinbiotik. Sinbiotik memiliki banyak manfaat dan efek yang menguntungkan bagi ayam seperti meningkatkan kecernaan nutrisi, menjaga keseimbangan mikrobiota usus, dan menstimulasi imun. Selain premix yang sudah disebutkan, terdapat berbagai jenis premix lainnya yang tidak disebutkan tetapi umum digunakan oleh para peternak untuk meningkatkan kualitas pakan yang berdampak pada performa ayam ternak. Tak hanya meningkatkan kualitas pakan, peternak juga harus menjaga kualitas pakan. Penggunaan tempat pakan otomatis seperti pan feeder dapat menjadi solusi dalam menjaga kualitas pakan. Tempat pakan otomatis bisa didapatkan di tempat yang menjual tempat makan ayam broiler. Pemilihan jenis tempat pakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan dari para peternak.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Logo IDT
Chatbot