PENTINGNYA VAKSINASI PADA AYAM KAMPUNG

Tanggal :11/05/2023 00.00.00 Penulis : Creative Team


Ayam kampung merupakan ayam yang memiliki daging alot dengan masa pertumbuhan yang lebih lama jika dibandingkan dengan ayam broiler. Berbeda dengan ayam broiler yang rutin divaksinasi untuk menghindari ayam terjangkit penyakit, perlakuan vaksinasi pada ayam kampung masih jarang dilakukan. Peningkatan konsumsi daging ayam kampung oleh masyarakat menjadikan ayam kampung berpotensi untuk dikomersilkan. Ayam kampung super atau yang sering dikenal ayam joper merupakan jenis ayam kampung yang cocok untuk dikomersilkan. Periode pemeliharaan ayam kampung super berkisar 2-3 bulan.


Daya tahan tubuh ayam kampung super termasuk baik. Ayam kampung yang dilepas liarkan atau diumbar akan mendapatkan vaksin secara alami dari alam. Sedangkan bagi peternak ayam kampung yang memilih untuk memelihara ayam kampung dalam kandang maka ayam harus divaksinasi agar ayam kampung yang dipelihara memiliki antibodi agar terhindar dari penyakit. Vaksinasi pada ayam kampung dilakukan untuk pemeliharaan ayam kampung secara intensif (di kandang) dengan jumlah populasi ayam kampung yang cukup banyak agar vaksinasi berjalan secara efektif dan efisien. Selain itu disarankan juga agar vaksinasi dilakukan pada pagi atau sore hari sehingga kondisi suhu tidak terlalu panas untuk menghindari ayam mengalami stress.


Jenis vaksin yang diberikan pada ayam kampung diantaranya yaitu ND-IB, Gumboro, dan ND La Sota. Pemberian vaksin ND-IB saat ayam berumur 4 hari dengan cara meneteskan vaksin pada mata ayam. Pemberian vaksin Gumboro A saat ayam berumur 10 hari sedangkan vaksin Gumboro B diberikan saat ayam berumur 28 hari dengan metode pemberian vaksin dicampurkan pada air minum. Pemberian vaksin ND La Sota saat ayam berumur 21 hari dengan cara pemberian yang sama seperti vaksin Gumboro yaitu vaksin dicampurkan pada air minum. Pemberian vaksin tidak hanya penting untuk ayam broiler yang memiliki daya tahan tubuh yang kurang baik, tetapi penting juga untuk ayam kampung yang dipelihara secara intensif dalam kandang. Metode vaksinasi yang dilakukan dengan cara mencampurkan vaksin ke dalam air minum ayam akan menjadi lebih mudah dan praktis jika peternak menggunakan tempat minum ayam otomatis. Harga tempat minum ayam otomatis memang lebih mahal dibandingkan tempat minum ayam manual tetapi jika dilihat dari kelebihan yang ditawarkan oleh tempat minum ayam otomatis hal ini bisa menjadi pertimbangan yang baik untuk para peternak berani merogoh koceknya demi tempat minum ayam otomatis.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Logo IDT
Chatbot