MENGENAL KANDANG AYAM CLOSED HOUSE

Tanggal : 11 Mei 2023 Penulis : Creative Team

 

Sistem kandang close house merupakan sistem kandang ayam broiler dimana peternak dapat mengatur suhu, kelembapan, hingga udara kandang dengan memanipulasi suhu di luar kandang yang dapat mempengaruhi lingkungan di dalam kandang. Dalam menciptakan lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan ayam, terdapat dua unsur penting dari close house yaitu pengendalian suhu dan ventilasi udara. Untuk menjalankan dua unsur tersebut dapat didukung oleh peralatan berupa kipas, cooling pad, heater, dinding/tirai kandang, dan climate controller. Jenis dan spesifikasi peralatan close house sangat beragam sehingga peternak perlu mengetahui distributor alat kandang close house yang terjamin dan terpercaya.


Pengendalian suhu dilakukan dengan sepasang alat yang dinamakan heater dan cooling pad. Sedangkan proses ventilasi dilakukan menggunakan kipas. Untuk menaikkan suhu dalam kandang close house dapat menggunakan heater dengan bahan bakar LPG yang paling sering digunakan oleh peternak. Alat ini akan banyak bekerja saat broiler memasuki fase brooding. Kemudian untuk menurunkan suhu digunakan alat bernama cooling pad.

 

Cooling pad akan mendinginkan udara luar yang masuk ke kandang dengan prinsip penguapan air. Cooling pad dihubungkan dengan pompa yang akan membasahi cooling pad dengan air. Ketika udara panas dari luar kandang memasuki cooling pad maka air akan mengambil energi panas dari udara sehingga air akan menguap (evaporasi) dan mengakibatkan turunnya temperatur udara yang masuk ke dalam kandang. Cooling pad juga berfungsi sebagai penyaring udara yang akan masuk ke kandang dimana sekat-sekat cooling pad akan mencegah kotoran udara (berukuran besar) untuk masuk ke dalam kandang sehingga udara yang masuk menjadi lebih bersih.


kategori Blog

Tag

Post terbaru

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui