CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Metode Pemberian Pakan Ayam

Tanggal :12/10/2022 09.30.00 Penulis : Creative Team


Bentuk pakan ayam dibagi menjadi 3 jenis yaitu mash, crumble, dan pellet. Bentuk pakan berhubungan dengan fase hidup ayam. Fase ayam secara umum terbagi menjadi fase starter, grower, dan finisher. Terdapat metode pemberian pakan pada ayam yang berguna untuk menyesuaikan tahap perkembangan dengan kualitas dan komposisi bahan pembuat pakan.


Metode pemberian pakan ayam terdiri dari one feed system, two feed system, dan three feed system. Metode one feed system yaitu pemberian pakan jenis starter dengan bentuk pakan mash dari DOC masuk kandang sampai tahap panen. Pakan bentuk mash ini cocok untuk fase starter pada ayam. Protein kasar pada pakan bentuk mash ini sangat dibutuhkan pada masa hyperplasia sel tubuh. Protein kasar yang tinggi menghasilkan ammonia yang tinggi pula.


Kelemahan dalam metode ini yaitu ketika ayam sudah memasuki fase grower ataupun finisher kebutuhannya akan protein kasar menurun. Sehingga pakan bentuk mash sudah tidak sesuai. Protein kasar yang dikonsumsi ayam secara berlebihan dapat mengakibatkan kematian mendadak yang disebabkan meningkatnya metabolisme dalam tubuh ayam. Kematian mendadak ini semakin meningkat saat cuaca panas.   


Metode pemberian pakan ayam yang kedua yaitu two feed system. Metode pemberian pakan ini yaitu menggunakan 2 jenis pakan yaitu pakan starter dan grower atau finisher. Pakan starter diberikan saat ayam berumur 0-3 minggu. Kemudian pakan grower atau finisher diberikan sejak umur 3 minggu sampai panen.


Kelebihan metode ini yaitu pemberian pakan lebih menyesuaikan dengan apa yang dibutuhkan oleh ayam. Protein kasar (crude protein) pada two feed system yang terkandung dalam pakan mendekati kebutuhan pertumbuhan pada ayam. Pada metode ini peternak harus memperhatikan proses transisi dari pakan starter ke pakan grower ataupun finisher. Hal ini disebabkan nafsu makan ayam akan turun drastis jika perubahan pakan tidak dilakukan secara bertahap. Nafsu makan yang turun dapat disebabkan karena ayam kesulitan menelan pakan.


Three feed system yaitu suatu metode pemberian pakan dengan 3 jenis pakan. Metode ini memiliki kelebihan yaitu memberi pakan sesuai dengan tingkat kebutuhan aktual ayam berdasarkan umur ayam. Faktor penting dalam three feed system yaitu ukuran partikel pakan yang harus diperhatikan. Pergantian 3 jenis pakan ini bertujuan untuk meningkatkan feed intake dengan konversi pakan yang optimal.


Pada metode ini ayam diusahakan untuk memakan pakan yang ukurannya sesuai dengan perkembangan organ pencernaannya. Idealnya pemberian pakan berdasar atas standar kebutuhan nutrisi setiap fase kehidupan ayam. Tetapi peternak biasanya menerapkan one feed system atau two feed system dengan alasan kepraktisan. Sehingga dalam prakteknya three feed system ini jarang digunakan kecuali bagi peternak yang bekerja sama dengan kemitraan.


PT Mitra Alat Ternak sebagai distributor tempat makan ayam otomatis menjadi pilihan tepat bagi para peternak baik yang menerapkan metode one feed system ataupun metode pemberian pakan lainnya. Penggunaan tempat pakan ayam otomatis menunjang keefektifan pegawai kandang dalam memberikan pakan ayam. Selain itu ada banyak kelebihan yang dimiliki tempat makan ayam otomatis yang dapat menunjang keberhasilan usaha ternak ayam broiler para peternak.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot