CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Munculnya Bau Pada Kandang Close House

Tanggal :18/11/2022 14.19.00 Penulis : Creative Team

          

         Bau pada kandang close house merupakan hal yang umum ditemui. Meskipun begitu hal ini harus diketahui faktor dan cara pencegahannya terlebih lagi jika lokasi kandang berdekatan dengan pemukiman warga dan beresiko timbul permasalahan sosial dengan warga setempat. Manajemen kandang merupakan hal yang menjadi faktor paling menentukan munculnya bau. Buruknya peternak dalam memanajemen kandang terutama manajemen alas kandang juga menjadi faktor munculnya bau kandang.


Kadar ammonia yang tinggi dalam kandang selain buruk bagi kesehatan ayam juga menghasilkan bau yang menyengat. Faktor tingginya kadar ammonia dalam kandang diantaranya yaitu kelembapan, temperatur, pH, dan kadar nitrogen pada alas kandang atau feses ayam. Litter yang sudah menggumpal karena bercampur dengan feses ayam dan tidak segera diganti akan meningkatkan kadar ammonia dalam kandang.


Ketinggian sekam pada awal ditabur yaitu minimal 5 cm dari permukaan kandang. Jika sekam telah ditabur maka lakukan disinfeksi dan kemudian diaduk untuk membasmi mikroorganisme. Penaburan sekam secara berkala juga penting dilakukan untuk menutupi sekam yang telah basah sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya penguraian ammonia oleh bakteri. Pemberian kapur pada alas kandang sebelum DOC masuk bisa menjadi cara untuk menekan bau kandang. Fungsi kapur yaitu membantu penyerapan air dan kelembapan udara dalam kandang. Fungsi lainnya dari kapur yaitu untuk mencegah penyakit koksidiosis yang memiliki gejala seperti berak darah dan menyerang sistem pencernaan hewan ternak.


          Faktor lain munculnya bau kandang yaitu kualitas DOC yang jelek. Hal tersebut dapat menjadi faktor munculnya bau karena hasil metabolisme tubuh ayam berhubungan dengan kadar bau dari kotoran ayam. Terganggunya saluran pencernaan ayam seperti diare menimbulkan bau feses yang lebih menyengat dan akan mengundang banyak lalat. Kualitas pakan yang buruk dapat disebabkan oleh manajemen penyimpanan pakan yang buruk. Semakin tinggi protein dalam pakan semakin meningkatkan kemungkinan bau dari kotoran ayam. Pengaturan ketinggian nipple juga disesuaikan dengan ketinggian ayam. Selain agar ayam mudah dan nyaman ketika minum, air juga seluruhnya masuk ke dalam paruh ayam dan tidak terbuang sia-sia ke sekam.

 

Cara pencegahan bau pada kandang close house yang menyengat yaitu dengan cara menjaga saluran air pada kandang harus baik dan jangan ada air yang tergenang dalam kandang. Kebersihan kandang setelah panen harus diperhatikan secara rutin oleh peternak. Melakukan pembersihan area kandang seperti membersihkan rumput liar juga diperlukan karena tempat tersebut merupakan tempat bersembunyi lalat. Sistem ventilasi yang baik sangat penting dalam kandang close house agar kelembapan dalam kandang tidak tinggi. Kipas berperan untuk membuang udara yang mengandung karbondioksida, debu, dan ammonia yang nantinya akan digantikan dengan udara segar yang masuk melalui cooling pad. Ayam broiler yang mati harus segera dikubur atau dibakar. Terutama bagi ayam broiler yang mati disebabkan oleh penyakit menular karena dikhawatirkan jika terlalu lama di kandang dapat menularkan penyakit tersebut ke ayam lainnya. Sebaiknya gunakan tempat sampah tertutup karena jika menggunakan tempat sampah terbuka kemungkinan besar akan mengundang lalat untuk datang.


PT Mitra Alat Ternak menjual alat kandang ayam broiler yang dapat menunjang keberhasilan dalam beternak ayam broiler. Peralatan yang kami sediakan dijamin ori dan berkualitas. Produk kami yang tersedia sangat lengkap dan beragam mulai dari blower, watering system, feeding system, medicating system, dan peralatan lainnya.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot