CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Pengaruh Pemberian Kaporit pada Air Minum Ayam

Tanggal :18/01/2023 11.31.00 Penulis : Creative Team


Air minum menjadi kebutuhan pokok untuk semua makhluk hidup tak terkecuali ayam. Air sangat menentukan produktivitas ternak ayam. Konsumsi air minum juga dapat menjadi indikator kesehatan ayam. Jika konsumsi air menurun maka peternak harus jeli melihat kondisi ini dan mencari penyebabnya. Salah satu penyebabnya bisa dikarenakan kualitas air minum yang buruk.


Kualitas air minum yang buruk dapat ditangani dengan cara mendisinfeksi air minum menggunakan kaporit. Kaporit biasa dikenal klorin di pasaran. Kaporit dipilih sebagai bahan baku untuk mendisinfeksi air minum karena harganya yang terjangkau dan dapat disimpan dalam waktu yang lama. Pemberian kaporit pada air minum bertujuan untuk membunuh bakteri patogen (agen infeksi) yang terkandung dalam air minum. Kaporit akan meningkatkan pH air karena kaporit bersifat basa. Sifat basa tersebut yang nantinya mengubah rasa dan bau air minum sehingga dapat menurunkan nafsu makan ayam.


Agar tujuan dari penambahan kaporit pada air minum dapat berjalan dengan optimal tanpa menurunkan nafsu makan ayam secara drastis maka penambahan kaporit harus dengan takaran yang tepat. Takaran dosis kaporit yang tidak tepat atau kurang akan menyebabkan bakteri patogen tidak akan terbunuh. Sedangkan jika takaran dosis kaporit yang diberikan berlebihan maka ayam kemungkinan tidak ingin minum karena rasa dan bau dari kaporit yang menyengat. Penambahan kaporit pada air minum juga tidak disarankan untuk digunakan terus-menerus karena ayam bisa mengalami iritasi pada saluran pencernaannya dan berdampak pada penurunan performa ayam.


Takaran penambahan kaporit yang tepat untuk kaporit murni yaitu 6-10 gram per 1000 liter air. Sedangkan takaran penambahan kaporit dengan konsentrasi 50% yaitu 12-20 gram per 1000 liter air. Setelah penambahan kaporit, air minum harus didiamkan terlebih dahulu sekitar 20-30 menit sebelum diberikan ke ayam. Jika air minum yang sudah ditambahkan kaporit ingin ditambahkan vitamin ataupun enzim maka harus didiamkan terlebih dahulu sekitar 8-12 jam. Tetapi jika ingin ditambahkan vaksin maka air dengan tambahan kaporit harus didiamkan selama 24 jam untuk melarutkan vaksin.


Penggunaan tempat minum ayam otomatis dalam penambahan kaporit pada air minum ayam sangat mempermudah peternak. PT Mitra Alat Ternak menjual tempat minum ayam otomatis ZIGGITY WATERING SYSTEM yang dapat meningkatkan efisiensi dalam penambahan kaporit, vitamin, enzim, maupun vaksin ke dalam air minum yang akan diberikan untuk ternak ayam milik Anda.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot