CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Pengaruh Pencahayaan Pada Ternak Ayam Layer

Tanggal :26/12/2022 11.04.00 Penulis : Creative Team


Penggunaan cahaya pada ternak ayam layer dapat mempengaruhi masa pertumbuhan dan produktivitas ayam layer. Pencahayaan merupakan hal yang penting dalam pemeliharaan ayam layer karena dapat menekan kematian. Namun, tidak semua peternak layer mengetahui pengaruh tersebut sehingga pemasangan lampu cenderung asal.


Cahaya mampu mempengaruhi fungsi fisiologis ayam dari beberapa bagian di otak besar seperti hipotalamus. Hipotalamus berkaitan dengan sistem saraf dan beberapa kelenjar lainnya. Hipotalamus akan terstimulasi oleh pencahayaan yang berasal dari sinar matahari maupun lampu yang kemudian diteruskan ke kelenjar lainnya seperti hipofisis, tiroid, dan paratiroid untuk menyekresi hormon. Kelenjar hipofisis menghasilkan hormon FSH dan LH yang berperan dalam perkembangan sel telur dan ovulasi. Kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroksin yang berperan dalam pertumbuhan. Kelenjar paratiroid menghasilkan hormon paratiroksin yang berperan dalam pembentukan dan kerabang telur.


Penambahan dan pengurangan durasi pencahayaan juga perlu diperhatikan karena dapat mempengaruhi kematangan seksual dari ayam layer. Pengurangan durasi pencahayaan perhari selama masa pertumbuhan mampu memperpanjang sehari masa kematangan seksual. Jika ayam layer mendapatkan penambahan pencahayaan sebelum waktu bertelur maka dapat menyebabkan telur yang dihasilkan akan berukuran kecil dan produksi telur relatif rendah. Saat fase grower, program pencahayaan diberikan cahaya dengan waktu paling singkat yaitu 12 jam dengan intensitas terendah. Hal ini dimaksudkan untuk mengontrol perkembangan saluran reproduksi dan pencapaian berat badan yang optimal saat mulai berproduksi.


Pentingnya pencahayaan pada ternak ayam layer tersebut menjadi latar belakang mengapa peternak tidak boleh menyepelekan program pencahayaan pada fase grower karena manajemen pencahayaan yang kurang akan menyebabkan produksi telur menjadi rendah. Sistem pencahayaan (lighting system) merupakan salah satu dari banyaknya sistem yang menunjang operasional peternakan ayam layer. Seluruh sistem tersebut bisa Anda dapatkan di supplier maupun distributor peralatan ternak ayam berkualitas yang menyediakan beragam produk sehingga Anda dapat memilih dan menyesuaikan dengan dana dan kebutuhan akan kualitas yang ingin Anda miliki.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot