PENGERAMAN TELUR AYAM

Tanggal :11/05/2023 00.00.00 Penulis : Creative Team


Telur ayam memiliki periode pengeraman kurang lebih selama 21 hari. Pada era modern ini pengeraman yang biasanya dilakukan oleh ayam betina dapat digantikan oleh mesin penetas yang sudah banyak dijual di pasaran. Penggunaan mesin penetas dapat digunakan untuk menetaskan telur dalam jumlah yang lebih banyak secara bersamaan. Kelemahan pengeraman telur oleh ayam betina yaitu seringnya ditemukan ayam betina yang mengerami telurnya sendiri mematuk dan memakan telur tersebut.


Hal tersebut menjadi salah satu kebiasan buruk ayam betina yang sulit dihentikan. Tetapi peternak dapat meminimalisir kebiasaan buruk ayam betina dengan melakukan beberapa hal seperti mengurangi aktivitas ayam di area pengeraman, mengatasi kekurangan makanan dan nutrisi, mengurangi stress, dan mencegah kebiasaan buruk yang menular. Mobilitas yang terlalu intens pada area pengeram dapat menyebabkan telur yang masih dalam proses pengeraman menjadi pecah. Telur yang pecah nantinya akan mengundang ayam untuk makan telur tersebut. Pengurangan mobilitas di area pengeraman dapat dengan menyediakan tempat pengeraman khusus. Ukuran tempat pengeraman khusus harus sesuai dengan kebutuhan dan jangan terlalu sempit karena dikhawatirkan ayam stress dan menginjak telurnya sehingga telur rusak bahkan pecah.


Ayam yang kekurangan makanan dan nutrisi akan menghasilkan telur dengan cangkang yang tipis. Terdapat banyak penjual tempat pakan ayam yang dapat Anda temui di toko pinggir jalan ataupun jika ingin membeli dalam jumlah banyak bisa didapatkan dari supplier maupun distributor peralatan ternak berkualitas. Telur yang memiliki cangkang tipis menjadi mudah pecah. Selain makanan, pastikan ketersediaan air juga memenuhi kebutuhan dari ayam itu sendiri. Penggunaan lampu pada kandang ayam disarankan jangan terlalu terang terutama pada saat pengeraman karena dapat menyebabkan ayam stress. Peternak juga harus meminimalisir gerakan yang mengagetkan saat ayam masih mengerami telurnya karena jika ayam kaget maka telur yang sedang dieraminya dapat tertekan dan pecah. Jika menemukan ayam sedang memakan telur yang dieraminya maka pisahkan ayam tersebut dari kawanannya agar perilaku tersebut tidak ditiru oleh ayam lainnya. Ayam yang suka memakan telurnya sendiri juga sering mengintai sarang lain untuk memakan telur yang baru diletakkan.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Logo IDT
Chatbot