PENTINGNYA KESERAGAMAN BOBOT BADAN AYAM

Tanggal :11/05/2023 00.00.00 Penulis : Creative Team


Keseragaman ayam mengacu pada pencapaian bobot badan ayam. Bobot badan ayam harus terkontrol sejak DOC chick in. Jika dalam suatu kandang tingkat keseragaman yang dimiliki tergolong rendah maka akan berdampak terhadap performa atau produktivitas ayam yang tidak maksimal. Tingkat keseragaman bobot badan ayam broiler dinilai baik jika memiliki nilai > 80%. Angka 80% menunjukkan bahwa dalam 1 kandang berisi ayam dengan lebih dari 80% yang memiliki bobot badan hampir sama dengan nilai toleransi sebesar + 10% dari bobot badan standar harian ayam.

 

Dampak negatif dari ketidakseragaman ayam yaitu ayam dengan bobot badan besar akan mendominasi dalam hal berkompetisi memperoleh makanan dan minuman. Sehingga ayam yang memiliki bobot badan kecil akan semakin tertinggal dan tersingkirkan. Kasus bobot badan ayam di bawah standar pertumbuhan ayam broiler pada umumnya biasa terjadi dan meningkat pada puncak musim kemarau dan penghujan serta saat musim pancaroba.

 

Jika kondisi keseragaman dalam kandang kurang dari 80% maka peternak perlu memisahkan ayam yang memiliki bobot badan di bawah rentang standar. Kemudian berikan ayam tersebut pakan starter berkualitas tinggi serta berikan premik yang mengandung multivitamin, asam amino, dan mineral dengan tujuan agar pertumbuhan ayam terpacu dan bobot badannya sesuai dengan standar. Multivitamin berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh ayam. Sedangkan bagi ayam yang bobot badan standarnya sangat jauh di bawah standar lebih baik ayam tersebut dipanen lebih awal dan tidak dipelihara lagi. Hal tersebut bertujuan agar peternak dapat fokus untuk memelihara ayam yang memiliki pertumbuhan bobot badan ideal saja.

 

Penanganan ketidakseragaman bobot badan ayam sebaiknya dilakukan oleh peternak sedari awal dalam memilih DOC. Agar tidak terjadi lagi kasus serupa pada periode pemeliharaan ayam broiler selanjutnya maka peternak harus cermat dalam beternak terutama saat masa brooding karena masa brooding nantinya akan mempengaruhi pertumbuhan DOC berikutnya. Lama masa brooding kurang lebih sekitar 14 hari. Saat masa brooding, peralatan ternak dalam kandang sangat penting dan berpengaruh terhadap keberhasilan masa brooding. Masa brooding ayam broiler tidak akan lepas dengan penggunaan alat bernama heater. Terdapat beberapa jenis heater yang tersedia. Ada yang berbahan bakar gas dan ada juga yang membutuhkan solar sebagai bahan bakar penggeraknya. Berbagai jenis heater bisa Anda dapatkan di supplier peralatan ternak ayam yang sudah terpercaya dan menawarkan garansi pada produk-produk unggulannya.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Logo IDT
Chatbot