CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Pentingnya Menjaga Kualitas Air dalam Ternak Broiler

Tanggal :26/10/2022 14.18.00 Penulis : Creative Team


Kebutuhan makhluk hidup terhadap air bersih sangat krusial. Tanpa air selama 2-3 hari manusia tidak dapat bertahan hidup. Tidak hanya pada manusia, hidup ayam pun sangat bergantung terhadap keberadaan air. Komponen penyusun terbesar dalam tubuh ayam yaitu air dengan persentase mencapai 60-85%. Mengingat begitu pentingnya keberadaan air maka pembahasan mengenai cara menjaga kualitas air di peternakan ayam sangat penting untuk dipahami para peternak.


Banyak faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi air seperti kualitas air, penyakit, suhu dalam kandang, jumlah dan pendistribusian tempat minum. Kualitas dan kuantitas air berpengaruh terhadap performa ayam. Menjaga kuantitas air untuk kebutuhan ayam lebih mudah daripada menjaga kualitas air. Terlebih lagi ketika terjadi perubahan musim, kualitas air dapat berubah-ubah. Bahkan air yang terlihat jernih belum tentu memiliki kualitas air yang baik, karena masih ada kemungkinan dalam air tersebut mengandung bahan-bahan kimia dan mikroorganisme yang berbahaya.


Kebutuhan air minum ayam broiler meningkat seiring pertumbuhan ayam. Semakin dewasa umur ayam semakin banyak pula kebutuhannya akan air. Suhu juga berpengaruh terhadap konsumsi ayam terhadap air minum. Kenaikan suhu meningkatkan ayam untuk terus minum. Oleh sebab itu ayam yang terkena heat stress akan cenderung banyak minum. Sehingga tingkat konsumsi ayam terhadap air dapat menjadi indikator kesehatan ayam.


Guna mencapai performa ayam yang maksimal peternak perlu menjaga kualitas air yang diperuntukkan bagi ayam ternaknya. Pemeriksaan kualitas air secara rutin dapat membantu peternak untuk nantinya melakukan tindakan yang tepat dalam menangani masalah kualitas air. Setelah pemeriksaan dan mendapatkan hasil uji laboratorium maka peternak dapat mempertimbangkan solusi terbaik untuk menangani permasalahan dalam kualitas air yang ditujukan bagi ternak ayam yang dimilikinya. Peralatan tempat minum yang kotor atau jarang dibersihkan juga dapat menjadi penyebab buruknya kualitas air. Bakteri coliform dan E. coli merupakan bakteri yang sering ditemukan pada tempat minum ayam.


Bagi peternak yang masih menggunakan tempat minum ayam manual peternak perlu membersihkan minimal 2 kali dalam sehari. Penggunaan tempat minum ayam otomatis seperti ziggity watering system sangat membantu peternak karena peternak hanya perlu melakukan flushing untuk membersihkan pipa jalur minum dari biofilm yang sering menempel di sepanjang saluran instalasi air terutama setelah pemberian obat maupun vitamin. Pembelian tempat minum ayam baik manual maupun otomatis bisa didapatkan di berbagai supplier alat kandang broiler yang terjamin, terpercaya, dan menawarkan garansi untuk produk-produk yang dijualnya.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot