CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Penyakit Koksidiosis

Tanggal :24/11/2022 09.25.00 Penulis : Creative Team


Salah satu kelemahan dan yang perlu menjadi perhatian bagi para peternak broiler yaitu rentannya ayam broiler terjangkit penyakit. Penyakit yang dapat menjangkiti ayam ada banyak. Dalam kesempatan kali ini kita akan mempelajari mengenai penyakit koksidiosis pada ayam.


Koksidiosis umumnya dapat menyerang semua jenis unggas dan mamalia tetapi menjadi berbahaya jika menyerang ayam. Koksidiosis dapat ditemukan di seluruh dunia. Terlebih lagi pada kawasan tropis seperti Indonesia yang menjadi habitat bagi beragam jenis parasit. Penyakit koksidiosis ini disebabkan oleh parasit Eimeria sp. Penyakit koksidiosis menyerang saluran pencernaan unggas. Gejala penyakit koksidiosis serupa dengan berak darah. Koksidiosis berdampak terhadap proses pencernaan dan penyerapan zat nutrisi yang tidak optimal. Ayam yang terjangkit koksidiosis mengalami gangguan dalam menyerap makanan. Sari-sari makanan akan keluar bersama feses dalam bentuk cair dan disertai darah.


Perkembangan eimeria yang hidup dan menyerang lesi usus merupakan awal mulanya unggas terjangkit koksidiosis. Eimeria dapat tumbuh di beberapa bagian dari usus, mulai usus buntu, usus halus bagian tengah, hingga belakang sampai rectum. Koksidiosis dapat menimbulkan efek imunosupresif yang menjadikan ayam rentan terhadap infeksi penyakit lainnya. Koksidiosis bersifat menular kepada sesama hewan dengan jenis yang sama. Koksidiosis dapat ditularkan melalui anak kandang, peralatan kandang, ransum, air minum atau litter yang tercemar. Ayam broiler yang terjangkit koksidiosis akan mengalami penurunan berat badan. Dampak terburuk dari penyakit koksidiosis yaitu kematian pada unggas.


Faktor yang menjadi penyebab penyakit koksidiosis antara lain kondisi di dalam dan luar lingkungan kandang, faktor keturunan, pemberian pakan dan vaksin yang tidak sesuai standar, dan adanya bakteri pathogen dalam usus. Lingkungan yang tidak kondusif dapat menyebabkan performa ayam menurun dan mudah terjangkit penyakit. Jika sistem ventilasi kandang buruk maka akan mempengaruhi kelembapan dan memicu terjadinya sporulasi. Sporulasi adalah proses pembentukan spora dalam sistem biologis. Mitra Alat Ternak menjual blower kandang ayam broiler yang terjamin kualitasnya dan dapat mendukung kondusifnya lingkungan. Ruang gerak yang sangat terbatas bagi ayam di dalam kandang juga dapat mengakibatkan stres dan menurunkan sistem imun.


Saat peternak ingin mendiagnosis apakah ayam ternaknya terjangkit koksidiosis atau tidak dapat dengan cara melihat gejala klinisnya terlebih dahulu. Peternak wajib melakukan manajemen kandang yang baik dan peningkatan sistem imun dengan pemberian vaksin yang sesuai standar. Koksidiosis perlu menjadi perhatian bagi peternak agar tidak menimbulkan kerugian yang besar. Ayam yang terserang koksidiosis bisa diobati dengan pemberian obat antikoksidia. Pemberian antikoksidia dimaksudkan untuk mengontrol dan menekan perkembangan Eimeria dalam tubuh ayam agar jumlah Eimeria yang ada di tubuh ayam bisa ditekan dalam level rendah.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot