CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Penyebab Ayam Sakit Saat Musim Hujan

Tanggal :05/01/2023 14.54.00 Penulis : Creative Team


Banyak hal yang menyebabkan ayam rentan terserang penyakit saat musim hujan. Musim hujan masih membawa kekhawatiran bagi para peternak karena produksi ayam biasanya menurun saat musim hujan dibandingkan kemarau. Curah hujan yang tinggi saat musim hujan menyebabkan meningkatnya kelembapan udara, suhu rendah, dan angin kencang. Kelembapan udara yang tinggi dengan nilai lebih dari 85% dapat berdampak kurang baik bagi pertumbuhan ayam. Tingginya kandungan air di udara sering mengganggu saluran pernafasan pada ayam. Lingkungan yang lembab dapat menjadi kondisi ideal bagi tumbuh kembangnya virus, bakteri, jamur, dan parasit lainnya. Kelembapan yang tinggi juga dapat mengakibatkan litter menjadi basah dan ayam akan rentan terhadap serangan penyakit. Pengaturan sirkulasi udara dalam kandang bisa dilakukan menggunakan blower. Terdapat beragam supplier dan distributor peralatan ternak ayam yang menjual blower kandang ayam broiler dengan jenis yang bermacam-macam.


Saat musim hujan, suhu lingkungan relatif lebih rendah sehingga udara menjadi dingin. Kondisi seperti ini berdampak pada masa brooding dimana sepanjang hari diperlukan pemanas dengan jangka waktu yang lama sekitar 14 hari. Berbeda dengan kondisi saat musim kemarau, pemanas bisa dimatikan pada siang hari karena suhu lingkungan sudah sesuai kebutuhan DOC. Jika kebutuhan pemanas tidak ekstra karena suhu yang rendah, maka pertumbuhan DOC tidak merata dan banyak yang kerdil sehingga performa jelek. Belum lagi imunitas turun sehingga mudah terserang penyakit.


Musim hujan biasanya diikuti dengan angin kencang. Kecepatan angin yang tinggi dapat membuat ayam terkena stres karena cuaca ekstrim. Stres mampu menghambat metabolisme tubuh sehingga penyerapan nutrisi pakan menurun. Selain itu, dapat menyebabkan kandang ayam rusak bahkan roboh sehingga menjadi kerugian besar bagi peternak.


Penularan penyakit melalui udara yang sering muncul saat musim kemarau berkurang ketika memasuki musim hujan. Tetapi penularan melalui air minum cenderung meningkat. Hal ini menyebabkan penyakit pencernaan lebih banyak didominasi daripada penyakit pernapasan. Struktur anatomi ayam yang tak memiliki sekat pembatas hidung dengan rongga mulut memicu ayam pula bisa terserang penyakit pernapasan melalui air minum misalnya korisa, CRD, dan Avian Influenza.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot