CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Penyebab Ayam Stres di Dalam Kandang

Tanggal :07/10/2022 16.39.00 Penulis : Creative Team


            Stres merupakan kondisi dimana terjadi ketegangan baik secara fisik maupun psikologis. Stres dapat menjangkiti siapa saja termasuk ayam. Faktor penyebab stres pada ayam ada banyak. Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas faktor penyebab stres karena kondisi kandang. Beberapa tanda ayam yang terkena stres yaitu terlihat gelisah di dalam kandang dan sering membentangkan sayap

 

Ayam dapat terkena stres mulai dari pemindahan ayam dari penetasan (hatchery) ke peternakan lain yang jarak tempuhnya jauh karena ayam akan mengalami goncangan kendaraan selama perjalanan dan peralihan suasana ke kandang yang baru. Kondisi kandang dengan kepadatan tinggi dapat menyebabkan kualitas litter menurun sehingga meningkatkan kadar ammonia dalam kandang dan hal ini dapat membuat ayam terkena stres dan berujung kematian. Penggunaan tempat minum ayam otomatis juga diperlukan bagi peternak untuk menghindari tumpahan air yang jatuh ke sekam sehingga peternak harus memilih distributor peralatan kandang ayam yang menjual tempat minum unggas otomatis.

 

            Pergantian jenis pakan secara tiba-tiba juga dapat membuat ayam stres dan menimbulkan nafsu makan ayam menurun drastis. Pergantian jenis pakan harus dilakukan secara bertahap dengan cara pemberian pakan pada hari pertama 2/3 bagian pakan lama dan 1/3 bagian pakan baru, kemudian hari kedua berikan 1/3 bagian pakan lama dan 2/3 bagian pakan baru dan hari ketiga dapat diberikan pakan baru saja.

 

            Selain itu intensitas keluar masuknya orang yang tinggi, kebisingan di sekitar lokasi kandang, dan proses vaksinasi pada ayam juga mengakibatkan ayam stres. Peternak dapat meminimalisir kemungkinan ayam terkena stres dengan pengelolaan kandang yang optimal seperti pergantian litter atau membalikkan litter jika sudah lembab, pergantain jenis pakan yang dilakukan secara bertahap, dan memisahkan ayam yang terkena stres agar tidak berdampak ke ayam yang sehat.

 

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot