CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Penyebab Gagalnya Bisnis Ternak Ayam Layer

Tanggal :20/12/2022 10.15.00 Penulis : Creative Team


Peluang berbisnis ayam layer di Indonesia termasuk peluang yang menjanjikan dikarenakan kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap telur yang cukup tinggi. Selain peluang, ada sisi lain yang harus diperhatikan oleh peternak yaitu kegagalan. Kegagalan dalam menjalankan bisnis ternak ayam layer biasanya banyak dialami oleh peternak pemula. Kegagalan ternak ayam layer dapat dilihat dari produktivitas telur yang rendah, ayam yang stress, dan kualitas telur yang buruk. Hal tersebut dapat disebabkan karena teknis pengelolaan dan pemeliharaan yang kurang tepat.


Sebelum terjun ke bisnis ternak ayam, peternak pemula wajib mengetahui terlebih dahulu teknis pengelolaan serta pemeliharaannya mulai dari persiapan kandang, jenis pakan, vitamin, jadwal vaksinasi, dan lain sebagainya. Jika hal dasar tersebut belum diketahui dan peternak nekat untuk memulai bisnis ternak ayam layer maka besar kemungkinan ayam yang dipelihara akan stres dan berpengaruh terhadap kualitas serta kuantitas telur sehingga mengakibatkan kegagalan bisnis ayam layer. Pengetahuan peternak mengenai cara merawat ayam dengan baik agar terhindar dari berbagai penyakit juga sangat menunjang jalannya bisnis ini.


Selain pengetahuan peternak tentang cara merawat ayam, persaingan pasar dan harga yang tidak stabil menjadi tantangan yang sering membuat peternak ayam mengalami kerugian. Banyaknya kompetitor dalam bisnis ayam layer menyebabkan hasil produksi selalu di atas permintaan pasar. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan turunnya harga telur. Harga telur sangat fluktuatif dan berubah sewaktu-waktu bergantung dari permintaan pasar. Telur yang dihasilkan juga perlu diatur dalam pemasarannya karena jika telur ditimbun terlalu lama akan mengalami penurunan kualitas telur bahkan sampai busuk.


Kegagalan bisnis ternak ayam layer bisa juga disebabkan karena sumber daya manusia yang kurang berkualitas. Apabila peternakan Anda dikelola oleh orang-orang yang tidak kompeten dalam perawatan ayam layer maka mereka akan melakukannya dengan asal-asalan. SDM yang kurang berkualitas yaitu contohnya tidak bisa dipercaya, memperlakukan atau merawat ayam secara tidak baik, tidak mengelola kebersihan kandang dengan baik, dan bekerja malas-malasan. Selain itu jika supllier peralatan ternak ayam yang dipilih kurang tepat maka dapat berdapak pada ternak ayam layer.


Kegagalan bisnis ternak ayam layer juga disebabkan oleh cuaca yang ekstrim. Cuaca yang ekstrim akan membuat ayam menjadi banyak terserang penyakit dan bisa sampai mati. Pada cuaca ekstrem tersebut, banyak ayam yang stress dan mengakibatkan penurunan produktivitas telur. Tidak hanya ayam layer saja yang ikut terdampak, namun sektor peternakan lainnya juga akan ikut terdampak.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot