PENYEBAB KEGAGALAN BISNIS AYAM LAYER

Tanggal :11/05/2023 00.00.00 Penulis : Creative Team


Dalam menjalankan suatu bisnis ternak terdapat 2 peluang kemungkinan terhadap hasil panen yaitu sukses dan gagal. Sebelum bisnis ternak dijalankan peternak harus memiliki dasar ilmu pengetahuan mengenai unggas yang akan menjadi fokus sektor unggas yang diternakkan. Tingginya konsumsi telur ayam di Indonesia menjadi latar belakang para peternak untuk terjun ke bisnis ayam layer. Harga telur yang terjangkau, mudah diolah, serta kandungan protein hewani di dalamnya menjadikan telur sebagai komoditas yang disukai masyarakat dari berbagai kalangan.


Keberanian terjun langsung dalam berbisnis tanpa berpikir panjang sering ditemui pada peternak pemula. Peluang kegagalan juga menjadi begitu besar pada kasus tersebut. Untuk menghindari kegagalan, peternak wajib membuat perencanaan dan mengetahui faktor ancaman apa saja yang membuat bisnis ternak ayam layer gagal. Teknis pengelolaan serta pemeliharaan ayam layer yang baik dan benar harus menjadi bekal ilmu wajib bagi peternak. Teknis pengelolaan dan pemeliharaan meliputi persiapan kandang, jenis pakan yang digunakan, vitamin yang diberikan, serta penjadwalan vaksin.


Pakan dan air yang diberikan pada ayam ternak harus terjamin kualitas dan kuantitasnya. Penggunaan tempat minum otomatis sudah umum ditemui di kandang ternak ayam layer. Walaupun harga tempat minum ayam otomatis lebih mahal dibandingkan tempat minum ayam manual tetapi kualitas air yang diberikan lebih terjaga. Jumlah debit air yang diberikan juga tidak boleh kurang karena ayam akan mengalami dehidrasi dan berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas telur yang dihasilkannya. Jika hal yang disebutkan di atas tidak diatur dengan baik maka bisa dipastikan ayam layer yang dipelihara mengalami stress dan berdampak pada penurunan produksi telur bahkan bisa berujung dengan kematian.


Setelah hal teknis dalam kandang, ada tantangan lainnya yang harus dilewati peternak yaitu persaingan pasar. Telur yang dihasilkan dari bisnis ternak layer harus memiliki sistem pemasaran yang jelas agar telur tersebut bisa mendatangkan profit. Banyaknya kompetitor, turunnya harga telur, menurunnya kualitas telur seiring durasi simpan telur yang terlalu lama merupakan beberapa alasan mengapa strategi pemasaran telur ayam sangat penting.


Setelah mengetahui faktor-faktor penyebab kegagalan bisnis ternak ayam layer peternak dapat berfokus terhadap hal tersebut agar bisnis ternak ayam layer yang dijalankannya berjalan dengan baik. Segala jenis penyebab kegagalan bisa diminimalisir jika peternak sudah mengetahui dan dapat mengatasi faktor-faktor tersebut. Jadi sudah tidak ada lagi alasan untuk menunda dan takut berbisnis ternak ayam layer ya!

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Logo IDT
Chatbot