CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Penyebab Penyakit pada Tembolok Ayam

Tanggal :16/01/2023 16.36.00 Penulis : Creative Team


Tembolok pada ayam berfungsi sebagai tempat penyimpanan pakan dan air sementara. Sebelum pakan dan air turun menuju kelenjar lambung, tembolok juga berfungsi untuk melunakkan pakan. Beberapa peternak terkadang menemukan ayam ternaknya dengan tembolok yang terlihat bengkak ataupun besar disertai dengan keluarnya cairan dari hidung dan mulut. Bengkaknya tembolok ayam dapat mengakibatkan penurunan nafsu makan ayam sehingga menurunkan performa ayam.


Gangguan tembolok pada ayam terdiri dari tembolok menggantung/membesar dan tembolok keras. Kondisi tembolok yang menggantung/membesar jarang ditemukan pada ayam dengan kategori penyakit. Pembesaran tembolok pada ayam biasanya berisikan penuh oleh pakan serta partikel alas kandang (litter). Kondisi ini sangat jelas terlihat karena kelainan dari tembolok yang menggantung ke arah bawah. Gangguan tembolok lainnya yaitu tembolok keras. Gejala dari tembolok keras yaitu ayam menjadi lesu dan mengeluarkan cairan busuk dari hidung ataupun mulut.


Penyebab dari tembolok keras kemungkinan besar terjadi karena masuknya benda asing ke dalam tubuh ayam seperti paku, kawat, plastik, tali, atau partikel pakan yang terlalu besar dan tidak dapat dicerna secara sempurna oleh ayam sehingga pakan berhenti di tembolok. Selain itu bisa juga disebabkan oleh adanya temuan infeksi cacing Capilaria annulata di mukosa esofagus dan tembolok yang mengakibatkan bagian pada dinding tembolok menebal, kasar, dan tertutup karena kandungan cacing serta pembesaran kelenjar mukosa. Faktor genetik juga dapat mempengaruhi tembolok yang menggelembung secara berlebihan karena putusnya beberapa jaringan elastis pada tembolok ayam.


Jika kondisi tembolok belum terlalu parah maka dapat diberikan obat tembolok yang dijual di pasaran. Tetapi jika kondisi tembolok sudah parah maka sebaiknya ayam segera diafkir. Peternak perlu mengetahui cara mencegah agar ayam yang diternakkan tidak mengalami kondisi tembolok menggantung/membesar dan tembolok membesar dengan cara melakukan perbaikan manajemen kandang, pakan, pemeliharaaan, dan lingkungan untuk meminimalisir faktor penyebab stress karena kondisi yang tidak nyaman. Penggunaan tempat minum ayam otomatis meminimalisir jatuhnya air ke alas kandang (litter) sehingga litter tidak mudah basah dan lembab. PT Mitra Alat Ternak menjual tempat minum ayam manual dan otomatis berkualitas yang dapat menunjang para peternak untuk menciptakan kondisi yang nyaman dalam kandang ternak miliknya.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot