PENYEBAB PERBEDAAN WARNA TELUR

Tanggal :11/05/2023 00.00.00 Penulis : Creative Team


Warna telur yang sering kita jumpai di toko maupun di pasaran memiliki warna yang berbeda-beda. Bagian terluar bernama kerabang telur yang berfungsi sebagai pembungkus telur yang bersifat kaku. Kerabang telur memiliki pori-pori yang berfungsi untuk pertukaran gas. Selain itu terdapat lapisan luar dari kerabang telur yang disebut kutikula. Kutikula berfungsi untuk menutup pori-pori sehingga jalan masuknya mikroba ke dalam telur terhambat.


Penyebab perbedaan warna telur yang menjadi faktor utama yaitu karena sumber penghasil telur berasal dari jenis yang berbeda. Warna telur ayam ditentukan oleh genetika jenis ayam betina. Terdapat juga faktor lain yang mempengaruhi perbedaan warna kerabang telur.  Salah satunya yaitu umur. Contohnya ayam yang bertelur coklat seiring bertambahnya umur maka telur yang dihasilkan akan cenderung lebih besar dengan warna yang lebih terang. Faktor lainnya yang meliputi lingkungan, pola makan, dan tingkat stress ayam hanya mempengaruhi perbedaan warna telur menjadi lebih terang atau lebih gelap.


Pucatnya warna telur dapat disebabkan defisiensi nutrisi. Beberapa komponen pakan yang berkontribusi mencegah pucatnya warna kerabang antara lain dengan pemberian vitamin D3 dan calcidiol. Pemberian vitamin pada bisnis ternak ayam akan menjadi lebih mudah jika menggunakan tempat minum ayam otomatis. Tempat minum ayam otomatis bisa didapatkan di tempat yang menjual tempat minum unggas.


Kerabang telur sebelum mengalami pigmentasi berwarna asli putih. Sehingga jika Anda menemui telur berwarna putih maka telur tersebut tidak memiliki pigmen. Telur berwarna coklat memiliki pigmen protoporphyrin IX yang berasal dari hemoglobin unggas betina yang hanya melapisi bagian terluar kerabang telur karena proses pigmentasi coklat hanya berlangsung beberapa jam saat telur melewati uterus.


Kerabang telur berwarna biru disebabkan oleh pigmen biliverdin dari hemoglobin unggas yang diproduksi saat awal perkembangan kulit telur. Pigmen biliverdin menembus hingga lapisan dalam kerabang telur. Kerabang telur berwarna hijau merupakan kombinasi dari pigmen protoporphyrin IX dan biliverdin. Pigmen yang pertama meresap yaitu pigmen biliverdin kemudian dilapisi oleh pigmen protoporphyrin IX. Perpaduan kedua pigmen tersebut menyebabkan hasil akhir kerabang telur berwarna hijau muda hingga zaitun tua.    

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Logo IDT
Chatbot