CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Perbedaan Egg Tray Plastik dan Karton

Tanggal :06/01/2023 10.47.00 Penulis : Creative Team


Tatakan telur atau egg tray merupakan tempat untuk menyimpan telur saat di peternakan dan selama proses pemindahan dari suatu tempat ke tempat lainnya. Egg tray bertujuan agar telur tidak mudah pecah saat dibawa dan memudahkan saat proses pengambilan ataupun pemisahan antara telur yang baik dan rusak. Kebutuhan egg tray menjadi peralatan yang wajib dimiliki bagi peternak ayam layer guna menunjang proses bisnisnya. Terdapat pilihan egg tray di pasaran yang sesuai dengan kebutuhan. PT Mitra Alat Ternak menyediakan egg tray plastik dengan kapasitas 30 dan 36 butir telur per tray. Selain itu Mitra Alat Ternak juga menjual tempat minum ayam otomatis dan peralatan lainnya yang mempermudah peternak. Berdasarkan bahan baku pembuatnya egg tray terbagi menjadi egg tray plastik dan karton.


Egg tray yang terbuat dari bahan plastik memiliki ukuran yang besar dan kecil. Spesifikasi egg tray ukuran besar berdimensi 31,8 x 31,8 x 6,4 cm dengan kapasitas 30 butir. Kapasitas egg tray ukuran kecil juga memiliki kapasitas 30 butir dengan dimensi 29 x 29 x 5,6 cm. Terdapat juga egg tray dengan kapasitas lebih sedikit yaitu 10 biji/tray dan 8 biji/tray. Egg tray plastik memiliki warna yang lebih beragam dan menarik jika dibandingkan dengan egg tray karton. Kelebihan dari egg tray plastik yaitu dapat digunakan berulang kali dan tahan lama. Egg tray plastik tergolong hemat jika dinilai dari segi investasi alat penunjang untuk peternak. Penggunaan egg tray plastik yang digunakan berulang kali perlu dibersihkan dan didesinfeksi. Pembersihan egg tray plastik bertujuan untuk meminimalisir penularan penyakit seperti Egg Drop Syndrome (EDS) yang terbawa melalui egg tray.


Egg tray karton banyak ditemui di pasar tradisional dan warung sebagai wadah menyimpan telur. Egg tray karton terbuat dari bahan kertas, karton, kardus, dan bahan sejenisnya yang sudah tidak terpakai kemudian didaur ulang menjadi wadah telur. Kapasitas egg tray karton tergantung dari desainnya mulai dari 8 sampai 30 butir per tray. Keuntungan membeli egg tray karton yaitu harga lebih murah dibandingkan egg tray plastik. Egg tray karton dapat menjaga suhu telur tetap stabil agar tidak memengaruhi kualitas telur. Memanfaatkan kertas daur ulang sebagai bahan baku egg tray, akan mengurangi populasi limbah kertas yang dapat mencemari lingkungan. Namun, egg tray kertas daur ulang tidak tahan lama seperti egg tray plastik. Jika sudah rusak, basah, dan berjamur segera ganti dengan yang baru, karena bisa menjadi agen penyakit. Egg tray plastik maupun egg tray kertas daur ulang mempunyai kelebihan dan kekuranganya masing-masing. Semua itu tergantung dari para penggunanya, namun harus tetap memastikan kebersihan dari egg tray tersebut sebelum dipergunakan.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot