CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Perbedaan Tempat Minum Ayam Manual, Semi Otomatis, dan Otomatis

Tanggal :30/09/2022 09.47.00 Penulis : Creative Team

Air merupakan salah satu kebutuhan ayam yang wajib dipenuhi dengan baik. Ada 2 poin utama yang mempengaruhi kualitas air yaitu sumber air minum yang digunakan dan sistem tempat minum ayam. Tempat minum pada peternakan ayam menjadi salah satu faktor penting dalam pemeliharaan ayam. Terdapat 3 sistem tempat minum yaitu manual, semi otomatis, dan otomatis.

 

1.      Tempat minum manual

Tempat minum manual yang biasa ditemui yaitu tempat minum model galon. Model galon adalah jenis alat minum yang biasa digunakan pada sistem kandang ayam open house dengan model ukuran yang bervariasi. Kelebihan dari model galon ini yaitu mudah dibersihkan dan biayanya yang rendah. Kelemahannya yaitu sulitnya mempertahankan kebersihan air karena terkontaminasi oleh feses dan sekam. Tempat minum manual ini juga boros air karena disebabkan seringnya air tumpah oleh ayam.

 

2.      Tempat minum semi otomatis

Tempat minum semi otomatis biasanya berbentuk bell drinker dengan bentuk seperti galon dengan piringan kerucut di bawah sebagai penampung air serta dilengkapi sistem pengeluaran air secara otomatis. Pengisian air pada bell drinker dilakukan secara otomatis sehingga kehigienisan air terjaga. Automatic bell drinker mendistibusikan air secara efektif keseluruh sudut kandang. Daya tampung ayam dari tempat minum semi otomatis ini lebih besar dibandingkan dengan tempat minum manual. Kelemahannya pada bell drinker yaitu air mudah kotor karena terkontaminasi feses dan sekam. Terlebih lagi pada sistem tempat minum semi otomatis ini jika instalasi yang dilakukan tidak benar maka kebocoran akan terjadi dan berakibat pemborosan air.

 

3.      Tempat minum otomatis

Tempat minum ayam otomatis merupakan tempat minum modern yang biasanya digunakan pada sistem kandang close house. Tempat minum ini memiliki kelebihan yaitu rendahnya tingkat kontaminasi pada air sehingga tetap higienis. Penggunaan air juga berkurang dan tenaga kerja yang dibutuhkan lebih sedikit. Namun dari sisi kelemahan, harga tempat minum ayam otomatis ini cukup mahal dalam segi peralatan maupun instalasi.

 

PT Mitra Alat Ternak sebagai supplier peralatan ternak ayam berkualitas dan bergaransi hadir untuk membantu para peternak dengan menyediakan tempat minum manual, semi otomatis, dan otomatis seperti ZIGGITY WATERING SYSTEM dengan keunggulan valve flushing otomatis dan menggunakan paten metring pin dengan 2 tingkatan secara otomatis sehingga meningkatkan aliran sesuai dengan pertumbuhan ayam. 

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot