CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Potong Paruh Ayam Layer, Amankah?

Tanggal :28/10/2022 13.17.00 Penulis : Creative Team


Pemotongan paruh pada ayam layer (petelur) atau yang sering disebut debeaking merupakan perlakuan paling berat dan bisa dikatakan perlakuan paksa terhadap ayam layer. Pemotongan paruh ayam layer harus dilakukan oleh tenaga kerja yang sudah terlatih karena jika pemotongan paruh salah atau tidak tepat dapat berakibat fatal pada ayam. Keuntungan dari perlakuan pemotongan paruh ini yaitu mencegah terjadinya kanibalisme antar ayam dan efisiensi pakan. Sedangkan untuk kelemahan dari perlakuan potong paruh yaitu kemungkinan ayam akan mengalami stress sangat tinggi dan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu ayam dapat kesulitan ketika minum dan dapat menyebabkan ayam mengalami dehidrasi. Berbicara mengenai kesulitan ayam layer untuk minum karena perlakuan potong paruh, peternak juga perlu memilih dengan tepat tempat minum ayam yang sesuai dengan kebutuhan dalam kandangnya. Terdapat beberapa pertimbangan dalam memilih tempat minum ayam antara lain harga tempat minum ayam, kualitas, kelebihan, kelemahan, dan spesifikasi dari tempat minum ayam tersebut.


Tujuan utama para peternak melakukan potong paruh pada ayam layernya yaitu mencegah ayam untuk mematuk bulu dan menjadi kanibal. Ayam layer yang sudah dipotong paruhnya jika mematuk ayam lain maka tidak akan menimbulkan luka. Peningkatan efisiensi pakan ayam juga menjadi meningkat karena pakan yang diambil tidak tercecer dan tidak terbuang sia-sia. Selain itu tujuan pemotongan paruh yaitu untuk menghentikan pertumbuhan paruh pada lapisan kitin di ujung paruh, menciptakan persaingan yang seimbang sehingga ayam tumbuh secara homogen, dan ayam menjadi lebih jinak saat pemindahan dari kandang.


Waktu pelaksanaan pemotongan paruh sangat penting untuk diperhatikan mengingat akibat dari perlakuan potong paruh ayam ini. Konsumsi pakan akan menurun tajam karena ayam mengalami kesakitan dan kemungkinan terkena stress. Pemotongan paruh ayam saat ayam berumur satu hari memiliki kelebihan yaitu rasa sakit yang dialami ayam hanya sedikit karena syaraf-syaraf belum berkembang sempurna tetapi hasil pemotongannya ketika sudah dewasa terlihat tidak sempurna. Perlakuan potong paruh pada ayam berumur 7-10 hari tidak disarankan karena paruh ayam harus di trimming kembali saat ayam berumur 8-10 minggu. Pemotongan paruh saat umur 7-8 minggu cukup sulit dan harus dilakukan oleh orang yang benar-benar terlatih. Hal tersebut dikarenakan paruh yang sudah keras dan ayam sering memberontak saat dipotong paruhnya. Catatan penting yang perlu diingat para peternak yaitu tidak melakukan pemotongan ke-2 sebelum berumur 6 minggu. Hal ini dikarenakan pertumbuhan organ-organ ayam maksimal berumur 6 minggu. Sehingga pemotongan paruh ini akan sangat mengganggu pertumbuhan awalnya jika dilakukan dibawah umur 6 minggu. 

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot