CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Tahapan Pelaksanaan Istirahat Kandang

Tanggal :21/10/2022 08.30.00 Penulis : Creative Team


Setelah masa panen, kandang akan menyisakan sisa-sisa dari proses pemeliharaan ayam seperti kotoran, bulu, dan bibit penyakit. Oleh karena itu penting untuk melaksanakan masa istirahat kandang guna membersihkan kandang dari kotoran, bulu, dan bibit penyakit. Banyak peternak yang masih menyepelekan masa istirahat kandang setelah panen. Sebenarnya mengapa dan berapa lama para peternak harus melewati masa istirahat kandang dengan waktu yang tepat?

Berikut ini tahapan yang perlu dilakukan pada masa istirahat kandang:

  • Keluarkan sisa kotoran ayam meliputi feses, sekam, dan bulu dari kandang. Kemudian semprot dengan air bertekanan tinggi.
  • Semprotkan insektisida pada kandang.
  • Bersihkan lantai dengan cara menggosok dan mencuci lantai menggunakan deterjen. Kemudian semprot kembali kandang dengan air dan dikeringkan.
  • Bersihkan area sekitar kandang mulai dari rumput, sekam, dan parit/selokan.
  • Bersihkan pengapuran tanah di bawah kandang panggung dan seluruh bagian lantai kandang untuk mengurangi dan membunuh mikroorganisme penyebab penyakit.
  • Cuci tempat makan dan minum ayam dengan asam sitrat (1-3 g/liter) untuk mengangkat lendir dan lumut yang menempel lalu dibilas. Kemudian rendam dalam larutan desinfektan selama 30 menit dan keringkan.
  • Bersihkan pipa, selang, dan tangki air di kandang menggunakan larutan asam sitrat (3g/liter). Caranya isi penuh tangki air dengan larutan asam sitrat, buka ujung pipa/selang sampai larutan mengalir ke ujung lalu tutup ujung pipa/selang tersebut dan diamkan selama 12 jam.
  • Bilas dengan air bersih bertekanan tinggi untuk membuang lumut/biofilm yang menempel pada pipa, selang, dan tangki air. Setelah itu tangki air bisa didesinfeksi dengan desinfektan.
  • Semua tirai kandang dicuci dengan deterjen kemudian dibilas. Setelah kering pasang tirai dan cover slat (untuk kandang panggung).
  • Semua pearalatan kandang yang sudah bersih dimasukkan ke dalam kandang, kemudian desinfeksi keseluruhan kandang baik bagian dalam maupun luar dengan desinfektan.

 

Setelah kandang dibersihan dan didesinfeksi secara keseluruhan, kandang perlu diistirahatkan selama beberapa waktu. Secara umum masa istirahat kandang minimal 14 hari dihitung dari waktu selesai dibersihkan. Bahkan saat terjadi kasus, misalnya serangan gumboro maupun AI (Avian Influenza) maka masa istirahat kandang perlu diperpanjang. Tujuannya agar bibit penyakit yang berada di kandang bisa dikurangi secara optimal atau untuk memutus siklus bibit penyakit. Selama pelaksanaan istirahat kandang, ada beberapa hal yang dapat dilakukan seperti :

  • Pembuatan list peralatan yang dibutuhkan ketika akan chick in dan disesuaikan dengan jumlah day old chick (DOC) tiap kandang.
  • Pengecekkan terhadap seluruh sarana penunjang lainnya (sumber air, instalasi listrik, dsb).

 

Dalam proses pemeliharaan ternak pada masa istirahat kandang diperlukan peralatan ternak yang menunjang operasional tersebut. PT Mitra Alat Ternak sebagai supplier alat kandang ayam menawarkan LEBIH DARI 365 JENIS PRODUK peralatan ternak yang berkualitas tinggi, bergaransi, dan cocok dijadikan pilihan utama bagi para peternak.

 

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot