CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Teknik Penyimpanan Pakan Ayam

Tanggal :11/10/2022 11.08.00 Penulis : Creative Team


Proses menyimpan pakan ayam tidak boleh lepas dari manajemen pakan yang baik. Penyimpanan pakan yang tidak mengindahkan teknik simpan dan gudang yang baik dapat menyebabkan pakan ternak terkontaminasi bakteri dan jamur sehingga menurunkan produktivitas dan performa ayam.


Teknik menyimpan pakan ternak yang baik terdiri dari beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Berikut beberapa teknik penyimpanan pakan:

  • Peletakkan pakan sebaiknya tidak langsung mengenai lantai tetapi di atas pallet atau alas lantai lainnya.
  • Perhatikan jarak tumpukan pakan dengan pakan lainnya ataupun jarak dengan dinding. Jangan terlalu lebar ataupun sempit.
  • Metode penyimpanan yang sering ditemui yaitu metode FIFO (first in first out). Metode ini membantu dalam hal pengontrolan keluar masuk pakan.
  • Pakan berlemak tinggi sebaiknya tidak disimpan terlalu lama karena mudah tengik akibat proses oksidasi

Gudang ataupun ruangan yang digunakan untuk menyimpan pakan juga penting untuk diperhatikan karena banyak faktor yang berpengaruh terhadap menurunnya kualitas pakan seperti tingkat kelembapan udara, temperatur ruangan, dan keamanan ruangan dari hewan yang berpotensi merusak kualitas pakan. Pemilihan tempat pakan juga berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas pakan. Peternak harus jeli dalam memilih supplier ataupun distributor yang menjual tempat pakan unggas karena tidak semua supplier peralatan ternak menawarkan garansi pada setiap peralatan yang dijualnya.


Gudang penyimpanan pakan yang baik memiliki tingkat kelembapan tidak lebih dari 70% karena bakteri dapat berkembang biak jika kelembapan ruangan terlalu tinggi. Temperatur ruangan penyimpanan pakan berkisar dari 30-34oC. Pakan yang disimpan juga sebaiknya terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung dan aman dari hujan. Gudang penyimpanan penting untuk diperhatikan dengan serius karena pemberian pakan yang terkontaminasi bakteri ataupun jamur akan menyebabkan gangguan kesehatan bahkan kematian pada ayam.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot